Senin, 06 November 2017

CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolahan        : MAN 2 Semarang
Kelas / semester         : XI / Ganjil
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadits
Alokasi waktu            : 51 jam pelajaran
Standar kompetensi  : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
Kompetensi Dasar
Materui Pelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewira usahaan/ Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1Mengartikan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·   Arti QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat, enerjik
·   Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Membaca ayat tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
·      Tanya jawab makna mufrodat secara acak
·      Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat terkait dengan nikmat Allah dan cara menyukurinya

·   Membaca QS. Az-Zuhruf : 9-13,  QS. Al-Ankabut : 17,  hadits tentang syukur nikmat
·   Menulis dan menyalin QS. Az-Zuhruf : 9-13,  QS. Al-Ankabut : 17,  hadits tentang syukur nikmat
·   Mengartikan QS. Az-Zuhruf : 9-13,  QS. Al-Ankabut : 17,  hadits tentang syukur nikmat

·   Jenis Tagihan
-          Tes lisan
-          Tes tulis
-          Tugas
·   Bentuk Instrumen
-          Tes subyektif
-          Tes individu
2 x 45 menit
·  Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·  LKS
·  Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra. 
·  Internet

1.2Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·   QS. Az-Zuhruf : 9-13
·   Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada Manusia
·   QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·   Cara mensyukuri nikmat Allah
·   Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat, enerjik
·   Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Menggali informasi mengenai nikmat Allah dancara mensyukurinya dari berbagai sumber belajar
·      Membahas satu persatu kandungan QS. Al-An’am: 162-163, QS. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
·      Dengan tanya jawab dan diskusi
·      Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf :9-13
·      Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf : 13
·      Menjelaskan kandungan ayat tentang mensyukuri nikmat Allah sebagimana terkandung dalam QS. Al-Ankabut:17
·      Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat
·      Jenis Tagihan
-          Tes lisan
-          Tes tulis
-          Tugas
·      Bentuk Instrumen
-          Tes subyektif
-          Tes individu
2 x 45 menit
·      Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·      LKS
·      Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra. 
·      Internet

1.3Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·      QS. Az-Zuhruf : 9-13
·      Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada ManusiaQS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·      Cara mensyukuri nikmat Allah
·      Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
·      Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
·      Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat, enerjik
·      Pengambil resiko, suka tantangan, mampu memimpin)
·      Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Secara berkelompok berdiskusi mengenai ciri-ciri sosok orang yang mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut: 17 dan hadits tentenag syukur nikmat
·      Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat
·      Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam
·      Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah
·      Menunjukkan perilaku orang mengelola bumi dengan memanfaatkan air dan mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi
·      Menunjukkan perilaku orang yang berdo’a ketika naik kendaraan
·      Menunjukkan perilaku orang pandai berterima kasih kepada Allah dan sesame
·      Jenis Tagihan
-          Tes lisan
-          Tes tulis
-          Tugas
·      Bentuk Instrumen
-          Tes subyektif
-          Tes individu
2 x 45 menit
·      Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·      LKS
·      Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra. 
·      Internet

1.4Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf : 9-13
·      Macam-macam nikmat Allah :
·      Nikmat fitrah
·      Nikmat diniyah
·      Nikmat rohaniah
·      Nikmat Alamiah
·      Nikmat hayat
·      Nikmat ikhtiyariyah
·      Nikmat hurriyah
·      Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
·      Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
·      Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat, enerjik
·      Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
·      Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
·      Secara berkelompok mendiskusikan masing-masing ayat dari Q.S Az-Zuhruf: 9-13 yang berkaitan dengan macam-macam nikmat Allah
·      Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
·      Menjelaskan maksud nikmat fitrah
·      Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf:9
·      Menjelaskan maksud nikmat rohaniah senagaimana terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 12
·      Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf : 10-11
·      Menjelaskan maksud nikmat hayat
·      Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiyariyah
·      Menjelaskan maksud nikmat hurriyah
·      Jenis Tagihan
-          Tes lisan
-          Tes tulis
-          Tugas
·      Bentuk Instrumen
-          Tes subyektif
-          Tes individu
2 x 45 menit
·      Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·      LKS
·      Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra. 
·      Internet

1.5Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·      Cara-cara mensyukuri nikmat Allah:
·      Billisan
·      Bil hal
·      Bil maal
·      Bil af ‘aal
·      Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
·      Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
·      Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat, enerjik
·      Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
·      Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·      Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
·      Secara berkelompok mendiskusikan kandungan dari Al-Ankabut:17, dan hadits tentang syukur nikmat
·      Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
·      Mengfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran islam
·      Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya
·      Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa syukur
·      Menunjukka perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur
·      Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita
·      Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan
·      Bershodaqoh kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
·      Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulitan sebagai wujud syukur bil af’al
·      Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukur kepada Allah
·      Menghafal do’a naik kendaraan dan melaksanakannya
·      Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya
·      Jenis Tagihan
-          Tes lisan
-          Tes tulis
-          Tugas
·      Bentuk Instrumen
-          Tes subyektif
-          Tes individu
2 x 45 menit
·      Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·      LKS
·       Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra. 
·      Internet


                                                                                                                                    Senin,    Agustus 2014


                                                           
Guru Mata Pelajaran                                                                                                                           Guru Praktikan



Drs. H. M. Durri An Na’im, M. Pd.I                                                                                                  Evi Riani                                                                                   

NIP : 196510031999031001                                                                                                              NIM : 113111107

Tidak ada komentar:

Posting Komentar