Pembentukan
Harga di Pasar Menurut Ekonomi Islam
I.
Pendahuluan
Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang tentu dihadapkan untuk
mengambil keputusan yang menyangkut ekonomi, termasuk dalam hal pembentukan
harga terutama yang dialami oleh para penjual, pedagang dan perusahaan baik
mikro maupun makro. Suatu perusahaan menentukan harga suatu barang untuk memperoleh
keuntungan, dengan cara menjual kepada para konsumen. Berdasarkan pengertian di
atas manusia berusaha apa yang merupakan kebutuhan hidupnya dapat dipenuhi
dengan baik atau mendekati kemakmuran.
Pasar adalah tempat
dimana antara penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi jual beli
barang dan atau jasa. Pentingnya pasar dalam Islam tidak terlepas dari fungsi
pasar sebagai wadah bagi berlangsungnya kegiatan jual beli. Jual beli sendiri
memiliki fungsi penting mengingat, jual beli merupakan salah satu aktifitas
perekonomian yang “terakreditasi” dalam Islam. Attensi Islam terhadap jual beli
sebagai salah satu sendi perekonomian dapat dilihat dalam surat Al Baqarah 275
bahwa Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.