Jumat, 08 Maret 2013

Sejarah Perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia


Sejarah Perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia
otes 
MSDM sebagai praktek
MSDM sudah ada sejak dahulu dalam berbagai bentuk. Manajemen sumber daya manusia muncul begitu manusia berkumpul untuk sebuah tujuan yang sama. Meskipun demikian, keberadaan MSDM belum dapat dipastikan secara jelas pertama kali muncul. Tetapi dalam kurun waktu terakhir, proses memanajemen manusia menjadi formal.
Suharyanto menyebutkan bahwa aktivitas MSDM berawal dari tahun 1915 ketika militer Amerika Serikat mengembangkan suatu korps pengujian psikologi, suatu tim penguji serikat buruh dan suatu tim semangat kerja (Suharyanto:2005). Beberapa orang yang terlatih dalam praktek-praktek di ketiga tim tersebut kemudian menjadi manajer-manajer personalia di bidang industri.

Rekruitmen


REKRUTMEN
Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Manajemen SDM
Dosen pengampu : Dr.H. Abdul Choliq MT,.M.Ag
 
 





Disusun Oleh :

Dian Adi Perdana       (111311014)

FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2012

Do'a Orang Tua untuk Anaknya


Do'a Orang Tua untuk Anaknya
(Supaya Menjadi Anak Yang Sholeh)

Sholat sunnah empat rakaat dua salam :
1.      Niat Sholat :
أُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْحَاجَةِ لِصَلَاحِ الْأَوْلَادِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ
2.      Rakaat pertama, setelah Al – Fatihah membaca :
رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ  (10x)

Pengertian/definisi Advertising(Periklanan)


 
Pengertian/definisi Advertising(Periklanan)

Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
Periklanan(advertising) adalah bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikiran namun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan. Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.

Akuntansi Islam

Akuntansi Islam

             Proses munculnya Akuntansi islam:
  •        Meningkatnya religiousity masyarakat.
  •        Tuntutan etika & tanggungjawab sosial.
  •      — Lambannya akuntansi konvensional mengantisipasi tuntutan masyarakat khususnya pada keadilan, kebenaran dan kejujuran.
  •        Kebangkitan umat islam
  •        —Perkembangan disiplin akuntansi itu sendiri
  •        Kebutuhan akan sistem akuntansi dalam lembaga bisnis syariah
  •       Kebutuhan yg semakin besar pada norma perhitungan zakat dengan menggunakan norma akuntansi yg sdh mapan sbg dasar perhitungan
  •        Kebutuhan akan pencatatan, pertanggungjawaban dan pengawasan harta umat 

Pengantar Ilmu Dakwah

Pengantar Ilmu Dakwah

Secara bahasa da’wah berasal dari bahasa arab yaitu; daa’a, yad’uu, da’watan, yang berarti panggilan, seruan, atau ajakan. Dalam pengertian luas da’wah adalah upaya untuk mengajak seseorang atau sekelompok  orang(masyarakat) agar memeluk dan mengamalkan ajaran islam atau untuk mewujudkan ajaran islam kedalam kehidupan yang nyata. Pelaku dalam da’wah disebut da’i, sedangkan sasaran da’wah disebut mad’u. mad’u terbagi atas 2 yaitu, umat ijabah dan umat da’wah. Umat ijabah merupakan individu dan masyarakat yang telah masuk islam sedangkan umat da’wah adalah individu dan masyarakat yang belum masuk islam.

Rabu, 06 Maret 2013

Pola Perkembangan Dakwah di Indonesia

Pola Perkembangan Dakwah di Indonesia

  • Pada masa penjajahan
          Faktor yang mempengaruhi bangsa portugis mencari jalan ke kepulauan penghasil rempah-rempah adalah factor ekonomi dan agama. Bagi orang-orang portugis, raja-raja di Asia yang tidak beragama Islam dapat menjadi kawan, tapi tidak demikian halnya dengan para pedagang atau raja-raja Islam. Bentrokan-bentrokan sering terjadi antara raja-raja yang beragama Islam maupiun armada-armada dagang Islam dengan Portugis. Meskipun demikian pemusnahan terhadap perdagangan orang Islam tidak dapat terwujud dengan mudah
        Dalam perkembangan selanjutnya orang-orang Portugis berhasil mendirikan suatu kantor dagang di Gowa dibawah pimpinan Albuquerque. Di Gowa Albuqurque mendengar khabar tentang Malaka yang merupakan kerajaan Islam dan menjadi pelabuhan Transito yang ramai. Setelah mendapat informasi tentang Malaka, Albuqurque bermaksud mengadakan hubungan dengan Malaka. Ia mengirim utusan pada 1509 ke Malaka di bawah pimpinan Lopez Squeira untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Sultan Mahmud Syah yang berkuasa di Malaka sejak tahun 1488 menggantikan Sultan Alaudin Syah. Akan tetapi Sultan tidak begitu berhasrat menerima utusan Portugis karena Sultan Mahmud Syah telah mendengar hal-hal yang tidak menguntungkan. Raja-raja Malaka tidak inginj berhubungan dengan orang-orang Portugis, bahkan orang-orang Portugis mendapat serangan dari orang-orang Malaka.

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia 

           Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.