Selasa, 07 November 2017

PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP

PENILAIAN PEMBELAJARAN DAN PENULISAN RAPOR SMA
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP

1.        Penilaian kompetensi sikap
Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
  1. Observasi, teknik penilaian yang berkesinambungan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
b.         Penilaian diri, teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
c.         Penilaian antarpeserta didik, teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
d.         Jurnal, merupakan catatan pendidik yang berisi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
Hasil penilaian oleh pendidik setiap semester perlu diolah untuk dimasukkan ke dalam buku laporan hasil belajar (rapor).Nilai rapor merupakan gambaran pencapaian kemampuan pesertadidik dalam satu semester.


2.        Penilaian Sikap
  1. Sikap (spiritual dan sosial) untuk LHB terdiri atas sikap dalam mata pelajaran dan sikap antarmata pelajaran. Sikap dalam mata pelajaran diisi oleh setiap guru mata pelajaran berdasarkan rangkuman hasil pengamatan guru, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal, ditulis dengan predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), atau Kurang (K). Sikap antarmata pelajaran diisi oleh wali kelas setelah berdiskusi dengan semua guru mata pelajaran, disimpulkan secara utuh dan ditulis dengan  deskripsi koherensi.
  2. Penilaian Sikap dalam mata pelajaran diperoleh dari hasil penilaian observasi (Penilaian Proses), penilaian diri sendiri, penilaian antarteman, dan jurnal catatan guru.
  3. Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu sepanjang proses pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).
a.         Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) menggunakan nilai Kualitatif sebagai berikut:
SB     =  Sangat Baik             = 80 - 100
B       =  Baik                          = 70 - 79
C       =  Cukup                       = 60 - 69
K       =  Kurang                      = < 60

Contoh Pengolahan Nilai Sikap:
Peserta didik Ani dalam mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti memperoleh:
Nilai Observasi = 85, Nilai diri sendiri =75, Nilai antarteman = 80, Nilai Jurnal = 75
Nilai Sikap  = (85+75+80+75) : 4 = 315 : 4 = 79 (dibulatkan)      
Kualifikasi   =  Baik (B)
Deskripsi:    Sikapnya baik, berpakaian sesuai dengan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari, menunjukkan sikap jujur dan hormat kepada guru, namun kontrol dirinya perlu ditingkatkan.
Sikap yang ditulis dalam rapor adalah nilai kualitatif dan deskripsi.


PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
1.            Penilaian kompetensi pengetahuan
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
a.         Instrumen tes tertulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penyekoran.
b.         Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
c.         Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan /atau proyek yang dikerjakan secarta individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
Hasil penilaian oleh pendidik setiap semester perlu diolah untuk dimasukkan ke dalam buku laporan hasil belajar (rapor).Nilai rapor merupakan gambaran pencapaian kemampuan pesertadidik dalam satu semester.
2.            Penilaian Pengetahuan
a.         Penilaian Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
Penilaian Pengetahuan terdiri atas: Nilai Proses (Nilai Harian)= NH, Nilai Ulangan Tengah Semester = UTS, dan Nilai Ulangan Akhir Semester = UAS
b.         Nilai Harian diperoleh dari hasil Tes Tulis, Tes Lisan, dan Penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).
c.         Penghitungan nilai Pengetahuan diperoleh dari rerata NH, UTS, dan UAS.
d.         Penilaian rapor untuk pengetahuanmenggunakan penilaian kuantitatif dengan skala 1 – 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua) desimal dan setiap aras (tingkatan) diberi predikat sebagai berikut:
A          :  3,67 – 4.00
C+        :  2,01 - 2,33
A-         :  3,34 - 3,66
C          :  1,67 - 2,00
B+        :  3,01 - 3,33
C-         :  1,34 - 1,66
B          :  2,67 - 3,00
D+        :  1,01 - 1,33
B-         :  2,34 - 2,66
D          :         < 1,00           



e.         Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara:
·         NH, UTS, dan UAS menggunakan skala nilai 0 sd 100
·         Nilai rapor merupakan hasil konversi dari rerata NH, UTS, dan UAS, dengan perhitungan sebagai berikut à (rerata NH, UTS, dan UAS /100) x 4
Contoh: Peserta didik Ali memperoleh nilai pengetahuan pada Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti sebagai berikut:
NH =  80,  UTS  =  75,  UAS =  85
Nilai rerata NH, UTS, dan UAS =  (80+75+85) : 3 =  240 : 3 = 80
Nilai Konversi   =  (80 : 100)  x 4 = 3.20 ;  Predikat B+
Nilai pengetahuan yang ditulis pada rapor adalah nilai koversi (2.80) dan predikatnya (B+).
Contoh pengisian format pengolahan Nilai Hasil Belajar untuk pengetahuan
Mata Pelajaran   :……………………………Kelas/Semester : ……………………

No
Nama peserta didik
Nilai Harian

R
NH

N
TS

N
AS

Rapor (LHB)
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
dst
Nil
Konv
Pred

1

Ali

78

82

80


80

75

85

80

3.20

B+



PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
1.      Penilaian kompetensi keterampilan
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan, suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, proyek, dan penilaian portofolio.Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.
a.      Tes praktik, penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.
b.      Projek, tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
c.       Penilaian portofolio, penilaian dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Karya tersebut dapat berbentuk tindakan nyata yang mencerminkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungannya

Instrumen penilaian harus memenuhi persyaratan:
a.      Substansi yang mempresentasikan kompetensi yang dinilai;
b.      Konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan; dan
c.       Penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Hasil penilaian oleh pendidik setiap semester perlu diolah untuk dimasukkan ke dalam buku laporan hasil belajar (rapor).Nilai rapor merupakan gambaran pencapaian kemampuan pesertadidik dalam satu semester.
2.      Penilaian Keterampilan
a.         Penilaian Keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik).
Penilaian Keterampilan terdiri atas: NilaiPraktik, Nilai Projek, dan Nilai Portofolio
b.         Penilaian Keterampilan dilakukan pada setiap akhir menyelesaikan satu KD
c.         Penghitungan nilai keterampilan diperoleh dari rata-rata Penilaian Praktik, Penilaian Projek dan Penilaian Portofolio.
d.         Pengolahan  Nilai Rapor (LHB) untuk Keterampilanmenggunakan penilaian kuantitatif dengan skala 1 - 4 (kelipatan 0,33), dengan 2 (dua) desimal dan diberi predikat aras (tingkatan) sebagai berikut:

A     :  3,67 – 4.00
C+   :  2,01 - 2,33
A-    :  3,34 - 3,66
C     :  1,67 - 2,00
B+   :  3,01 - 3,33
C-    :  1,34 - 1,66
B     :  2,67 - 3,00
D+   :  1,01 - 1,33
B-    :  2,34 - 2,66
D     :         ≤ 1,00
               
Catatan:
·         setiap aras (D, C, B, dan A) penambahan nilai sebesar 0,33
·         nilai 2,66 setara dengan 75%.       
e.         Penghitungan Nilai Keterampilan adalah dengan cara:
·           Nilai praktik, projek, dan portofolio menggunakan skala nilai 0 sd 100.
·           Nilai rapor merupakan hasil konversi dari rerata nilai praktik (NPr), projek (NPj), dan portofolio (NPo) dengan perhitungan sebagai berikut à (rerata NPr, NPj, dan NPo /100) x 4
Contoh Peserta didik Budi memperoleh nilai keterampilan pada Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti sebagai berikut:
Nilai Praktik (NPr) =  80;  Nilai Projek (NPj) = 75; Nilai Portofolio (NPo) =  80
Rerata NPr, NPj, NPo  =  80+75+80 : 3 =  235 : 3 = 78.33
Nilai Konversi            =  (78.33/100) x 4 = 3,13; Predikat B+
Contoh pengisian format pengolahan Nilai Hasil Belajar untuk keterampilan
Mata Pelajaran : ………………………….                Kelas/Semester: …………………….

No
Nama peserta didik
Praktik
Projek
Portofolio
Rapor (LHB)
Nilai
Konv
Pred

1.

Budi
80
75
80
78.33
3.13
B+



PENULISAN RAPOR

1.   Model Rapor (Laporan Hasil Belajar) SMA Dan Cara Pengisiannya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan Satuan Pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orangtua dan pemerintah. Standar Penilaian Pendidikan pun menyebutkan bahwa laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk:
1.          Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
2.          Deskripsi sikap diberikanuntuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
3.          Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.

Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian,  Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah memandang perlu menyusun Model Rapor (Laporan Hasil Belajar) Peserta Didik dan cara pengisiannya untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.

Model Rapor (Laporan Hasil Belajar) Peserta Didik SMA diharapkan dapat membantu sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disusun sekolah.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66  Tahun 2013 Bab II, Bagian E butir 1 poin e nomor 1) dan 2) dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil penilaian oleh pendidik yang berbentuk:
1.       Nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2.       Deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Penilaian oleh pendidik dilaksanakan secara berkesinambungan (terus menerus) untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.

Laporan hasil belajar (rapor) peserta didik merupakan dokumen penghubung antara sekolah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.Oleh karena itu, laporan hasil belajar peserta didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hasil belajar peserta didik dengan jelas dan mudah dimengerti.



Contoh/Model
LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH ATAS
(SMA)






Nama Peserta Didik







Nomor Induk  _________________
 
 




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA


LAPORAN

HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH ATAS
(SMA)

Nama Sekolah            : _________________________________
NISN/NSS                   : _________________________________
Alamat Sekolah          : _________________________________
                          ___________________________________
                          Kode Pos _________Telp.______________
Kelurahan                   : ___________________________________
Kecamatan                 : ___________________________________
Kabupaten/Kota        :  ___________________________________
Provinsi                      : ___________________________________
Website                      : ___________________________________
E-mail                         : ___________________________________


PETUNJUK PENGGUNAAN

1.    Buku Laporan Hasil Belajar ini digunakan selama peserta didik mengikuti pembelajaran di Sekolah Menengah Atas.
2.    Apabila peserta didik pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh peserta didik yang bersangkutan sebagai bukti pencapaian kompetensi.
3.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar peserta didik hilang, dapat diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal peserta didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
4.    Buku Laporan Hasil Belajar peserta didik ini harus dilengkapi dengan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.

KETERANGAN NILAI KUANTITATIF
Nilai Kuantitatif dengan  Skala  1 – 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4).  Indeks Nilai Kuantitatif dengan Skala  –4
KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai Kualitatif yang digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), dan Sikap Sosial (KI 2), serta Kegiatan Ekstra Kurikuler, adalah:
SB     =         Sangat Baik 
B       =         Baik 
C       =         Cukup
K       =         Kurang




KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK

1.    Nama Peserta Didik (Lengkap)   :  .................................................
2.    Nomor Induk Siswa Nasional      :  .................................................
3.    Tempat  Tanggal Lahir                  :  .................................................
4.    Jenis Kelamin                                :  .................................................
5.    Agama                                            :  .................................................
6.    Status dalam Keluarga                 :  .................................................
7.    Anak ke                                          :  .................................................
8.    Alamat Peserta Didik                   :  .................................................
                    :  .................................................
9.    Nomor Telepon Rumah               :  .................................................
10. Sekolah Asal                                  :  .................................................
11.Diterima di sekolah ini                
   Di kelas                                        :  .................................................
 Pada tanggal                               :  .................................................
12. Nama Orang Tua                           :  .................................................
a. Ayah                                          :  .................................................
b. Ibu                                            :  .................................................
13. Alamat  Orang Tua                        :  .................................................
                                                                    :  .................................................
Nomor Telepon Rumah                   :  .................................................
14. Pekerjaan Orang Tua                   :  .................................................
a. Ayah                                          :  .................................................
b. Ibu                                            :  .................................................
15. Nama Wali Peserta Didik             :  .................................................
16. Alamat Wali Peserta Didik           :  .................................................
                                                                     :  .................................................
Nomor Telepon Rumah              :  .................................................
17. Pekerjaan Wali Peserta Didik     :  .................................................


Pas Foto
3 x 4
 
...................., ................ 20....
Kepala Sekolah,

 

   NIP


Nama Sekolah                :  ________________                Kelas                         :  ___________
Alamat :  ________________                                            Semester                  :  1 (Satu)
Nama                              :  _______________                  Tahun Pelajaran      :  ___________
Nomor Induk/NISN         :  _____________                                                        
             CAPAIAN

MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI 3)
Keterampilan
(KI 4)
Sikap Spiritual dan Sosial
(KI 1 dan KI 2)
Dalam Mapel
Antarmapel

Angka
Predikat
Angka
Predikat


Kelompok A (Wajib)
1 – 4

1 - 4

SB/ B/ C/ K
KESIMPULAN DARI SIKAP KESELURUHAN ANTARMAPEL, DIPUTUSKAN MELALUI RAPAT BERSAMA DENGAN GURU MAPEL DAN WALI KELAS

1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti


2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan





3
Bahasa Indonesia





4
Matematika





5
Sejarah Indonesia





6
Bahasa Inggris





Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya





2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan





3
Prakarya dan Kewirausahaan





Kelompok C (Peminatan)
I
Peminatan  (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………….





2
…………………….





3
…………………….





4
…………………….





II
Lintas Minat (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
……………………..






2
……………………..







Kegiatan Ekstra Kurikuler
Nilai
Keterangan
1.         Praja Muda Karana (Pramuka)


2.        ………………………………





Ketidakhadiran

Sakit                             : _____ hari
Izin                               : _____ hari
Tanpa Keterangan     : _____ hari
Mengetahui:                                                                                    ....................., .................... 20....
Orang Tua/Wali,                                                                                              Wali Kelas,


        ___                                                                                            _________________________
NIP

Nama Sekolah                  :  ________________                Kelas                            :  ___________
Alamat                              :  ________________                Semester                     :  1 (Satu)
Nama                                 :  ________________                Tahun Pelajaran         :  ___________
Nomor Induk/NISN         :  ________________                                                     
DESKRIPSI      

MATA PELAJARAN
KOMPETENSI
CATATAN
Kelompok A (Wajib)
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
    CAPAIAN KD DI KI 3


Keterampilan
    CAPAIAN KD DI KI 4
Sikap Spiritual dan Sosial
    CAPAIAN KD DI KI 1 DAN KI 2
2
Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Pengetahuan




Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
Bahasa Indonesia
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4
Matematika
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

5
Sejarah Indonesia
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

6
Bahasa Inggris
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
Pengetahuan


Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
Prakarya dan Kewirausahaah
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok C (Peminatan)
I
 Peminatan …………….. (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
…………………
Pengetahuan


Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
…………………..
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4
………………….
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

II
Lintas Peminatan (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
…………………
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial


Mengetahui:                                                                                 .............., ……………….. 20….
                                         
Orang Tua/Wali,                                                                           Wali Kelas,


________________________                                           ________________________



Nama Sekolah                 :  ________________                Kelas                               :  ___________
Alamat                              :  ________________                Semester                      :  2 (Dua)
Nama                                :  ________________                Tahun Pelajaran           :  ___________
Nomor Induk/NISN       :  ________________                                                     
CAPAIAN

MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI 3)
Keterampilan
(KI 4)
Sikap Spiritual dan Sosial                 
 (KI 1 dan KI 2)
Dalam Mapel
Antarmapel

Angka
Predikat
Angka
Predikat


Kelompok A (Wajib)
1 – 4

1 - 4

SB/ B/ C/ K
KESIMPULAN DARI SIKAP KESELURUHAN ANTARMAPEL, DIPUTUSKAN MELALUI RAPAT BERSAMA DENGAN GURU MAPEL DAN WALI KELAS

1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti


2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan





3
Bahasa Indonesia





4
Matematika





5
Sejarah Indonesia





6
Bahasa Inggris





Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya





2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan





3
Prakarya dan Kewirausahaan





Kelompok C (Peminatan)
I
Peminatan  (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………….





2
…………………….





3
…………………….





4
…………………….





II
Lintas Minat (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
……………………..






2
……………………..







Kegiatan Ekstra Kurikuler
Nilai
Keterangan
1. Praja Muda Karana (Pramuka)


2. ………………………………



Ketidakhadiran

Sakit                         : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan : _____ hari

Mengetahui:                                                                         ....................., ....................20....
Orang Tua/Wali,                                                                                              Wali Kelas,

                                                                                                           _________________________
                                                                                                           NIP

Nama Sekolah                 :  ________________                Kelas                                :  ___________
Alamat                              :  ________________                Semester                       :  2 (Dua)
Nama                                :  ________________                Tahun Pelajaran            :  ____________
Nomor Induk/NISN       :  ________________                                                        

DESKRIPSI      


MATA PELAJARAN
KOMPETENSI
CATATAN
Kelompok A (Wajib)
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
    CAPAIAN KD DI KI 3


Keterampilan
    CAPAIAN KD DI KI 4
Sikap Spiritual dan Sosial
    CAPAIAN KD DI KI 1 DAN KI 2
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengetahuan




Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
Bahasa Indonesia
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4
Matematika
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

5
Sejarah Indonesia
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

6
Bahasa Inggris
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
Pengetahuan


Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
Prakarya dan Kewirausahaah
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial




Kelompok C (Peminatan)
I
 Peminatan …………….. (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
…………………
Pengetahuan


Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

3
…………………..
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

4
………………….
Pengetahuan



Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

II
Lintas Minat (Diisi sesuai dengan minat peserta didik)
1
…………………
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial

2
…………………
Pengetahuan

Keterampilan

Sikap Spiritual dan Sosial


Keputusan:
Berdasarkan hasil yang dicapai pada   
semester 1 dan 2, peserta didik ditetapkan
naik ke kelas    (  )
tinggal di kelas ( )
_______________, ______________20__
Kepala Sekolah


________________
NIP.



________________________
 NIP.


_____________________________
 NIP
 
 


Mengetahui:                                                                                                     
Orang Tua/Wali,                                                                                              


                                                                               

                                               


KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA PESERTA DIDIK          : __________________
KELUAR
Tanggal
Kelas yang Ditinggalkan
Sebab-sebab Keluar atau Atas Permintaan (Tertulis)
Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali




_______, _________
Kepala Sekolah,

NIP.
Orang Tua/Wali,






__________, _________
Kepala Sekolah,

NIP.
Orang Tua/Wali,






__________, ________
Kepala Sekolah,

NIP.
Orang Tua/Wali,




KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA PESERTA DIDIK          : __________________
NO.
MASUK

1
2
3
4


5

Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah Asal
Masuk di Sekolah ini:
a.     Tanggal
b.    Di Kelas
Tahun Pelajaran

___________________________
___________________________
___________________________

___________________________
___________________________
­___________________________

________, ________

Kepala Sekolah,


NIP.
1
2
3
4


5
Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah Asal
Masuk di Sekolah ini:
a.     Tanggal
b.    Di Kelas
Tahun Pelajaran
___________________________
___________________________
___________________________

___________________________
___________________________
­___________________________
________, ________

Kepala Sekolah,


NIP.

1
2
3
4


5
Nama Peserta Didik
Nomor Induk
Nama Sekolah Asal
Masuk di Sekolah ini:
a.     Tanggal
b.    Di Kelas
Tahun Pelajaran
___________________________
___________________________
___________________________

___________________________
___________________________
­___________________________
________, ________

Kepala Sekolah,


NIP.


Catatan Prestasi yang Pernah Dicapai

Nama Peserta Didik             :     ……………………………………………….
Nama Sekolah                       :     ……………………………………………….
Nomor Induk                         :     ……………………………………………….
No.
Prestasi yang Pernah Dicapai
Keterangan
1
Kurikuler
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
2
Ekstra Kurikuler
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________
3
Catatan Khusus Lainnya
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________



A.         CARA PENGISIAN RAPOR SMA

1     Buku laporan hasil belajar diisi dengan tulisan yang rapi dan jelas.
2      Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data peserta didik di lembar 2 ditulis menggunakan huruf kapital yang jelas dan rapi.
3      Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.
4      Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.   Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d 4) dan Kode Huruf (predikat).
Contoh :
A       :  3,68 – 4,00
C+     :  2,01 - 2,33
A-      :  3,34 - 3,67
C        :  1,68 - 2,00
B+     :  3,01 - 3,33
C-      :  1,34 - 1,67
B        :  2,68 - 3,00
D+     :  1,01 - 1,33
B-      :  2,34 - 2,67
D:              ≤ 1,00
         
c.       Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2), dalam kolom Mapel diisi dengan menggunakan nilai kualitatif:
SB   =  Sangat Baik        
B     =  Baik                       
C     =  Cukup  
K     =  Kurang 

d.      Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmapel diisi oleh wali kelas dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran.



CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah               :  SMA Cipete                             Kelas              :  X
Alamat                              :  Kebayoran Baru                     Semester     :  1 (Satu)
                                                        Jakarta Selatan
Nama                                :  B u d i                                         Tahun Pelajaran :  2013-2014
Nomor Induk/NISN     :  000085

CAPAIAN                                                                            

MATA PELAJARAN
Pengetahuan
(KI 3)
Keterampilan
(KI 4)
Sikap Spiritual dan Sosial  (KI 1dan KI 2)
dalam mapel
Antarmapel
Kelompok A  (Wajib)

Peserta didik  menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun masih perlu ditingkat-kan lagi sikap percaya diri.
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3.70 (A)
3.35 (A-)
SB
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.60 (A-)
3.33 (B+)
B
3
Bahasa Indonesia
3.85 (A)
3.73 (A)
SB
4
Matematika
3.65 (A-)
2.80 (B)
B
5
Sejarah Indonesia
3.01 (B+)
3.33 (B+)
B
6
Bahasa Inggris
3.50 (A-)
3.65 (A-)
SB
Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya
3.33 (B+)
3.01 (B+)
B
2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
3.75 (A)
3.90 (A)
SB
3
Prakarya dan Kewirausahaan
2.67 (B-)
2.00 ©
B
Kelompok C (Peminatan)

I
Peminatan Matematika dan Ilmu Alam

1
Matematika
3. 55 (A-)
2.85 (B)
B

2
Biologi
3.33 (B+)
2.90 (B)
B

3
Fisika
3.78 (A)
3.01 (B+)
SB

4
Kimia
3.01 (B+)
3.33 (B+)
B

II
Lintas Minat

1
Ekonomi
3.00 (B)
2.95 (B)
B

2
Bahasa Mandarin
3.54 (A-)
3.80 (A)
SB


e.    Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB = sangat baik,B = baik,C = cukup, dan K = kurang) dilengkapi dengan keterangan masing-masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstra kurikuler.
Contoh :
Kegiatan Ekstra Kurikuler
Nilai
Keterangan
1.    Praja Muda Karana (Pramuka)

SB


Sangat Baik. Juara LT I tingkat Provinsi
2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

B

Baik, aktif dalam setiap kegiatan

f.      Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas.
Contoh:
Ketidakhadiran



Sakit                          :  1  hari
Izin                             :  -   hari
Tanpa Keterangan  :  -   hari
                                
5      Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi mata pelajaran diisi dengan:
a.    Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.    Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
c.     Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran ditulis dengan jelas dan rapi.



Contoh Pengisian
No.
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan
Kelompok A (Wajib)
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain.
Keterampilan
Sudah terampil dalam hafalan surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S.An-Nur(24):2.
Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah konsisten menunjukkan sikap  beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.




Kelompok B (Wajib)




2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


Pengetahuan
Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali  peranaktivitasfisikdalam pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan. Perlu lebih tekun dalam memahami peranaktivitasfisikdalam pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan.

Keterampilan
Sudah menguasai keterampilan permainan dan atletik, terutama mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya. Dapat diikutsertakan dalam lomba OOSN tingkat kota.


Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah menunjukkan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. Perlu terus dikembangkan sikap sportif dalam bermain danmenghargai perbedaan




Kelompok C (Peminatan)
I
Peminatan Matematika dan Ilmu Alam
1
Matematika
----------------------
---------------------------------------------
2
Biologi
Pengetahuan
Sudah memahami berbagai tingkat keaneka-ragaman hayati, namun kurang memahami dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan. Perlu melakukan pengamatan lingkungan untuk meningkatkan pemahaman mengenai dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan. 


Keterampilan
Sudah memiliki kompetensi keterampilan ilmiah dalam memecahkan permasalahan biologi, namun kurang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar ruang laboratorium biologi.


Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah lingkungan hidup dan berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang percaya diri  dalam  mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berargumentasi secara lisan.




II
Lintas Minat


1
Ekonomi
Pengetahuan
Sudah memiliki kompetensi menganalisis dan mengatasi permasalahan ekonomi, namun kurang memahami konsep manajemen. Perlu meningkatkan pemahaman tentang manajemen.


Keterampilan
Sudah terampil melakukan penelitian tentangpasardan terbentuknyahargapasardalam perekonomian, namun kurang terampil menerapkan konsep manajemen. Perlu berlatih menerapkan konsep manajemen di sekolah, misalnya mengelola koperasi siswa.



Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah konsisten berperilaku jujur, tanggung jawab, dan peduli terhadap masalah ekonomi.
2
Bahasa Mandarin
------------
---------------------------------------
6      Teknik pegisian lembar penilaian laporan hasil belajar semester 2 (dua) sama dengan teknik pengisian lembar penilaian laporan hasil belajar semester 1 (satu).

7      Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik Satuan Pendidikan.

Contoh :
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.         Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
b.        Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan minimal sama dengan KKM.
c.         Tidak terdapat 3 mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap yang belum tuntas/belum baik.
d.        Ketidakhadiran peserta didik tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif.
8. Keterangan pindah keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.        Tanggal ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.
b.       Kelas yang ditinggalkan pada saat keluar dari Satuan Pendidikan.
c.        Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.
d.       Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
e.       Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.
9. Keterangan pindah masuk Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.        Nama peserta didik yang masuk ditulis dengan huruf kapital.
b.       Identitas peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).
c.        Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
10. Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan:
a.     Identitas peserta didik.
b.    Catatan prestasi yang menonjol pada bidang kurikuler (akademik), ekstra kurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang berhubungan dengan sikap serta hal-hal selain kurikuler dan ekstra kurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya).