Kamis, 04 April 2013

الايمان



الايمان

الايمان هو قول باللسان و عمل بالاركان و اعتقاد بالقلب. فالايمان بالله هو اعظم صلة بين الانسان وربه, لان الانسان اشرف ما على الارض من خلقه, واشرف ما في الانسان عقله وقلبه, واشرف ما في القلب الايمان واشرف ما في العقل قوة تفقروتدبر. فالايمان اعظم نعم الله على الانسان واجلها.
اركان الايمان ستة, منها الايمان بالرسل المبعوثين لناس, والاشهر منهم خمسة وعشرون رسولا. نبي الله عيسى عليه الصلاة والسلام اقدم من نبي الله محمد صلى الله عليه وسلم, وهو مبعوث لبنى اسرائيل, واما محمد صلى الله عليه وسلم فمبعوث للعالمين جميعا.
فمن اركان الايمان, اليمان بالكتب المترلة على الرسل, كلها اربعة كتب. فالقراءن الكريم اشمل واكمل واحفظ من الكتب ثلاثة السابقة.



Iman
Iman adalah suatu yang diucapkan dengan lisan, dilakukan dengan anggota badan dan diyakini dengan hati. Maka iman adalah suatu penghubung terbesar antara manusia dengan Tuhannya, karena manusia adalah semulia-mulia dari ciptaanNya yang ada di bumi. Dan sumulia-mulia dari apa yang ada pada manusia adalah akal dan hatinya, dan semulia-mulia yang ada pada hati ialah iman dan semulia-mulia yang ada pada akal ialah kekuatan berfikir dan mengelola. Maka iman adalah sebesar-besarnya nikmat atas manusia dan makhluk lainnya.
Rukun iman ada enam, salah satunya ialah iman kepada rasul-rasul yang diutus kepada manusia, dan yang dikenal ada dua puluh lima rasul. Nabi Allah yaitu Isa As ialah nabi sebelum nabi Muhammad SAW dan beliau ialah nabi yang diutus kepada Bani Israil, dan ada pun nabi Muhammad SAW ialah yang diutus kepada penghuni seluruh alam semesta.
Dan dari rukun iman, ada rukun kepada kitab-kitab yang dibawa oleh para rasul, seluruhnya ada empat kitab. Maka Al-Qur’an ialah paling lengkap (komprehensif), paling sempurna dan penyimpan dari kitab-kitab  sebelumnya.



المفردات
Perkataan قول ج اقوال        =                                
Perbuatan عمل ج اعمال      =
Keyakinan اعتقاد ج اعتقادات =      
 Sebesar-besarnya اعظم                =
hubungan صلة ج صلاة       =
Semulia-mulianya اشرف               =
Hati قلب ج قلوب        =
Akal/Pikiranعقل ج عقول       =
Nikmat نعمة ج نعم         =
Selain اجل                 =
Rasul (Orang yang diutus) رسول ج رسول   =
Lebih dulu dariاقدم من             =
Yang diutus مبعوث             =
Rukun ركن ج اركان     =
Kitab كتاب ج كتب      =
Lebih sempurna dari اكمل من           =
Lebih komprehensif اشمل من          =
Menyimpan  احفظ من         =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar