Sabtu, 07 Desember 2019

CERITA DARI UTARA GORONTALO

Pukul 07.32 WITA hari sabtu, 9 Maret 2019, aku dan sahabatku bersiap-siap untuk berangkat menuju daerah paling ujung barat laut propinsi Gorontalo. Motor sedang kami panaskan sekaligus mengecek mesin dan perlengkapan touring kami. Kami berboncengan dan nantinya akan saling bergantian mengemudi motor kami, ban depan telah kami ganti agar tidak terlalu licin dalam menghadapi medan yang curam dan penuh dengan tanjakan serta turunan yang begitu menantang. Tepat pukul 08.10 WITA, kami berangkat melalui SPBU untuk mengisi bahan bakar full agar tidak mogok ditengah perjalanan kami. Perjalanan aman, tidak ada razia dan kondisi cuaca pun cerah. Sesampainya kami di Limboto, kami berhenti sejenak di sebuah bengkel besar untuk ganti oli, motor ini menggunakan oli Yamalube Matic yang harganya pun terbilang murah hanya IDR 37.000 dan ongkos pasang IDR 5.000.
Kami melanjutkan perjalanan melalui jalur utama yaitu Isimu, Tibawa hingga masuk ke daerah Anggrek, Monano dan Sumalata Timur di sepanjang perjalanan kami ditunjukkan pemandangan hamparan bukit yang penuh dengan lading jagung yang menguning dan di sisi kanan kami tampak hamparan lautan Utara Sulawesi yang indah dengan jurang yang menakjubkan serta pulau-pulau kecil yang menghijau. Sudah 3 jam perjalanan yang kami tempuh, kami singgah di sebuah warung makan tepat di komplek atau daerah militer kompi Sumalata, yang hawanya sungguh adem dan nyaman.
Kami beristirahat untuk makan sekaligus menghubungi mahasiswa di daerah Tolinggula. Perjalanan ini merupakan perjalanan pertama kami sebagai dosen di sebuah universitas negeri di Kota Gorontalo, kami mendapatkan tugas sebagai dosen pembimbing lapangan KKST (Kuliah Kerja Sosial Tematik) untuk posko desa Tolinggula Tengah yang berada di kecamatan Tolinggula Gorontalo Utara. Kami istirahat makan, di warung ini pelanggan bisa mengambil nasi dan lauk sendiri sesuai keinginannya, harganya pun terjangkau untuk satu porsi hanya IDR 15.000 belum termasuk minum-minuman selain air putih. Setelah beristirahat makan sekitar setengah jam, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Tolinggula. Ternyata perjalanan dari Sumalata ke Tolinggula masih sekitar 1 jam dan melalui kecamatan Biau terlebih dulu dan juga perlu diketahui bahwa kecamatan Sumalata begitu panjang dan luas yang penuh dengan lautan dan pegunungan serta medannya pun begitu menyeramkan naik turun tanpa henti, walau begitu jalan-jalan di sepanjang kabupaten Gorontalo Utara sangat bagus dan terawat, bahkan masih banyak area-area yang baru selesai pengaspalannya.
Menjelang dzuhur kami tiba di desa Tolinggula Tengah yang kami lihat sebagai desa yang bagus dan modern. Sepanjang perjalanan kami telah berkali-kali mengisi bahan bakar dan yang terakhir di kecamatan Biau membeli bahan bakar eceran seharga IDR 9.000/liter untuk premium. Perlu diketahui juga bahwa sepanjang jalan dari kecamatan Anggrek hingga kecamatan Tolinggula tidak aada SPBU besar, yang ada hanya Pertamini dan pedagang-pedagang eceran yang harganya bervariasi IDR 8.000 s/d IDR 10.000 untuk seliter premium. Kami melakukan janjian untuk dijemput oleh kordes posko KKS di sebuah masjid Desa. Tepat pukul 12.18 WITA kami tiba di posko KKS desa Tolinggula Tengah yang tidak jauh dari pusat desa bahkan pusat kecamatan. Perlu diketahui juga bahwa desa Tolinggula Tengah  merupakan ibukota atau pusat kecamatan Tolinggula.
Kami dijamu oleh para mahasiswa/i KKS dengah hangat, apalagi ini merupakan kesempatan pertama mereka bertemu kami, karena di saat pemberangkatan atau pengantaran para peserta KKS ke lokasi tidak ada pendampingan dari kami. Para mahasiswa/i datang langsung sendiri dengan hanya ditemani seorang driver travel menberikan banyak info kepada mereka sesuai pengalaman seorang driver tersebut di saat ada KKN/KKS di desa Tolinggula Tengah. Kami disambut dengan secangkir kopi panas yang tampak nikmat ketika disruput sedikit demi sedikit.

To be continued….

1. In this fashion my partner Wesley Virgin's biography begins in this shocking and controversial video.

Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

These are the exact same methods lots of celebrities (notably those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and famous.

You probably know that you utilize only 10% of your brain.

Mostly, that's because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

Perhaps this expression has even taken place INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while riding an unlicensed, garbage bucket of a vehicle with a suspended license and $3.20 on his bank card.

"I'm so frustrated with going through life paycheck to paycheck! When will I become successful?"

You took part in those types of questions, right?

Your own success story is going to happen. All you have to do is in YOURSELF.