Rabu, 25 Januari 2017

CASE STUDY PT SURYA TOTO INDONESIA, TBK.


CASE STUDY PT SURYA TOTO INDONESIA, TBK.

PT Surya Toto Indonesia merupakan perusahaan yang mengawali usahanya sebagai  CV Surya, yang bergerak di bidang penjualan material bangunan, terutama produk saniter. Di tahun 1968, Perusahaan ini kemudian menjadi agen penjualan resmi TOTO Ltd. Jepang, sebuah merek produk saniter ternama di dunia.  Joint Venture dengan TOTO Ltd Jepang perusahaan yang mencapai tonggak sejarah penting saat menjalin sebuah usaha bersama (joint venture) dengan TOTO Ltd. Jepang pada Juli 1977. CV Surya kemudian berubah nama menjadi PT Surya Toto Indonesia (STI). Usaha bersama ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi sebuah perusahaan Indonesia, mengingat joint venture ini adalah joint venture pertama di luar Jepang yang dijalin oleh TOTO Ltd. sejak Perang Dunia Kedua.
Joint venture ini menunjukkan kepercayaan yang besar pada Perusahaan, juga pengakuan atas potensi Indonesia yang menjanjikan dalam hal sumber daya alam yang berlimpah, tenaga kerja yang terampil, dan biaya energi yang relative lebih rendah. Pabrik produk saniter pertama kami kemudian dibangun dan mulai beroperasi pada tahun 1978, dengan 65 tenaga kerja. Di tahun 1980, Perusahaan ini mulai mengekspor hasil produk saniternya ke mancanegara. Dengan produk dan layanan berstandar internasional, Perusahaan berhasil meraih sertifikat pengakuan dari Singapore Institute of Standard and Industrial Research (SISIR) pada tahun 1981.  Seiring berkembangnya Perusahaan, sebuah pabrik peralatan saniter (fitting) kemudian dibangun pada tahun 1985 untuk menunjang usaha produk saniter. Pabrik ini juga terus dikembangkan dengan berbagai fasilitas penyempurnaan, termasuk mesin pengecor kuningan dan mesin injeksi plastik. Joint venture ini menunjukkan kepercayaan yang besar pada Perusahaan, juga pengakuan atas potensi Indonesia yang menjanjikan dalam hal sumber daya alam yang berlimpah, tenaga kerja yang terampil, dan biaya energi yang relative lebih rendah.
Strategi pengembangan sumber daya manusia berorientasi pada tujuan dan kebutuhan bisnis dimasa kini dan yang akan datang yang berarti harus selalu menyesuaikan diri dan harus melakukan inovasi untuk semua perubahan lingkungan bisnis dalam menghadapi era perdagangan bebas, pengaruh globalisasi dan pengembangan teknologi sistem informasi yang sangat cepat.
Prestasi dari perusahaan ini yang menganggap mutu produk, sumber daya manusia adalah hal yang paling penting dalam suatu organisasi adalah dengan terlihatnya penghargaan diberbagai bidang  diantaranya :
·         Indonesian Customer Satisfication Award (ICSA) 2005-2013
·         Indonesia’s Most Admired Companies Award (IMAC Award) 2006-2009
·         Top Brand Award 2005-2007
·         Penghargaan Dalam Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).
·         Penghargaan Atas Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup
·         TrophyI (Gold) dan Trophy Presenter Terbaik Dalam Kegiatan Konvensi Mutu ke-27 Kabupaten Tangerang
·         Penghargaan K3 nihil tingkat Propinsi Banten Tahun 2011
·         Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) Pada Tingkat Nasional Tahun 2011
·         Architect’s Choice Award (Sanitary Ware) 2014
·         Architect’s Choice Award (Faucets, Taps & Showerheads) 2014
PT Surya Toto Indonesia, TBK adalah perusahaan yang memproduksi sanitari diseluruh penjuru dunia. Perusahaan tersebut memiliki pasar dan karakter yang berbeda-beda disetiap Negara. Hal ini mengharuskan perusahaan tersebut untuk memahami kebutuhan pelanggan dengan melakukan inovasi – inovasi yang sesuai dengan pangsa pasar dinegara masing-masing. Beragam macam produk yang ditawarkan menunjukkan bahwa produk ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Perusahaan ini menggunakan riset pasar dan peminatan pembelian produk dari konsumen itu sendiri. Melalui hal itu perusahaan akan  mampu memenuhi kebutuhan pasar yang telah dibidik sebelum menciptakan dan meluncurkan suatu produk yang baru. Itulah mengapa perusahaan ini selalu berhasil dipasar berbagai negara yang berbeda.
Visi dan Misi PT Surya Toto Indonesia, TBK yaitu :
Visi
Menjadi perusahaan terkemuka yang dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan masyarakat.

Misi
   Mempersembahkan produk yang bermanfaat dan berkualitas tinggi
   Memberikan pelayanan prima untuk memenuhi  kepuasan pelanggan
   Mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati
   Menghargai individu dan membina kerjasama
   Melestarikan lingkungan melalui penghematan penggunaan sumber daya alam dan energy

Struktur perusahaan PT Surya Toto Indonesia, TBK yaitu :
a.         Dewan Komisaris
Dewan Komisaris TOTO terdiri atas 4 (empat) anggota, yaitu 1 (satu) Presiden Komisaris, 1 (satu) Wakil Presiden Komisaris, 1 (satu) Komisaris dan 1 (satu) Komisaris  Independen. Anggota Dewan Komisaris diseleksi, dan ditentukan dalam RUPS untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun atau sampai ditutupnya RUPS tahun 2015. Pada tahun 2013 susunan Dewan Komisaris mengalami perubahan, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tanggal 10 Juni 2013 ditetapkan sebagai berikut:
1.   Mardjoeki Atmadiredja : sebagai Presiden Komisaris.
2.   Hiromichi Tabata : sebagai Wakil Presiden Komisaris.
3.   Umarsono Andy : sebagai Komisaris.
4.   Gunawan Sumana : sebagai Komisaris Independen.
b.         Direksi
Direksi memegang peranan penting dalam mengelola perusahaan, dengan demikian Direksi mempunyai peranan penting dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik disetiap kegiatan pada seluruh tingkatan didalam perusahaan.
Keanggotaan dan Periode Jabatan Direksi
Saat ini Direksi TOTO terdiri dari 10 (sepuluh) anggota yaitu, 1 (satu) Presiden Direktur, 1 (satu) Wakil Presiden Direktur, 8 (delapan) anggota Direktur. Masing-masing Direktur mempunyai tanggung jawab dan wewenang sesuai dengan pembagian yang ditetapkan oleh RUPS. Sesuai dengan anggaran dasar perusahaan, masa jabatan Direksi adalah  3 (tiga) tahun atau sampai dengan ditutupnya RUPS  tahun 2015. Pada tahun 2013 susunan Direksi yang diputuskan RUPS tanggal 10 Juni 2013 adalah sebagai berikut :
1.    Hanafi Atmadiredja : sebagai Presiden Direktur
2.    Yuji Inoue : sebagai Wakil Presiden Direktur
3.    Benny Suryanto : sebagai Direktur
4.    Anton Budiman : sebagai Direktur
5.    Juliawan Sari : sebagai Direktur
6.    Ferry Prajogo : sebagai Direktur
7.    Setia Budi Purwadi : sebagai Direktur
8.    Yutaka Hirota : sebagai Direktur
9.    Kazuo Watanabe : sebagai Direktur
10.  Hiroshi Tanie : sebagai Direktur

c.         Komite-komite
Dalam menjalankan tugasnya Dewan Komisaris dibantu oleh 3 (tiga) komite, yaitu Komite Audit, Komite Manajemen Risiko, dan Komite Remunerasi dan Nominasi. Masing-masing komite mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda-beda sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh Dewan Komisaris. Komite-komite tersebut melaporkan kegiatannya yang dilaporan kepada Dewan Komisaris.
Ƙ Komite audit
Komite Audit adalah komite yang dibentuk oleh Dewan Komisaris sebagai liabilitas bagi Perusahaan Publik. Komite Audit dibentuk untuk membantu pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Dewan Komisaris, maka Komite Audit harus bersifat independen.
Keanggotaan
Komite Audit beranggotakan 3 (tiga) orang, yang terdiri dari 1 (satu) orang ketua merangkap sebagai Komisaris Independen dan 2 (dua) orang anggota Independen. Seluruh keanggotaan komite telah memenuhi kriteria independensi, keahlian, dan integritas yang dipersyaratkan dalam berbagai peraturan yang berlaku.
Susunan komite Audit per 31 Desember 2013:
1.   Gunawan Sumana : sebagai Ketua (Komisaris Independen)
2.   Segara Utama : sebagai Anggota (Pihak Independen)
3.   Ariefuddin Amas : sebagai Anggota (Pihak Independen)
Ƙ Komite Manajemen Risiko
% Hadir Komite manajemen risiko saat ini masih berjalan secara ad-hoc yang dibentuk dalam jangka waktu dan tugas tertentu oleh Dewan Komisaris, untuk membantu Dewan Komisaris memastikan bahwa telah dilakukan penilaian mendalam terhadap semua transaksi dan tindakan korporasi yang berpotensi mengandung risiko serta memberi rekomendasi terhadap tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi risiko tersebut.
Ƙ Komite Remunerasi dan Nominasi
Komite Remunerasi dan Nominasi dibentuk secara ad-hoc dalam jangka waktu tertentu dan dengan tujuan untuk membantu Dewan Komisaris dalam menentukan tingkat remunerasi terhadap Dewan Komisaris, Direksi, dan Komite - komite sebagai tanda jasa atas kontribusi yang sudah diberikan kepada Perusahaan.
Perencanaan karir PT Surya Toto Indonesia, TBK
PT Surya Toto Indonesia, TBK membuat banyak orang ingin sekali bergabung dengan perusahaan besar ini. Mereka membayangkan kesejahteraan yang dijanjikan oleh perusahaan kepada tenaga kerjanya. Hal ini dikarenakan perusahaan ini tidak main-main memilih pekerja yang akan berkarir di perusahaan ini dengan menggunakan sistem manajemen SDM yang tepat.
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengatur peranan tenga kerja agar lebih efektif dan lebih efisien sehingga dapat mencapai karir yang maksimal. Manajemen SDM sengaja dibentuk dalam sebuah perusahaan untuk mengingatkan nilai tenaga kerja itu sendiri. Manajemen SDM ini sendiri dapat mempengaruhi setiap sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Perencanaan fungsi sumber daya manusia yang akan berkarir dan bergabung sangat dipertimbangkan terbukti setiap tahunnya perusahaan ini merekrut karyawan dengan latar belakang dari berbagai perguruan tinggi terbaik.
Tak hanya merekrut orang-orang terbaik dari berbagai perguruan tinggi. Setelah merekrut pegawai dan melakukan training, maka proses selanjutnya adalah menempatkan calon tenaga kerja pada tempat kerja yang sebenarnya. Dan pada saat sudah ditempatan akan dilatih oleh pembimbing yang sangat berkompeten untuk pekerjaan tersebut. Kegiatan ini termasuk mengetahui mengenai seluk beluk berkarir di perusahaan ini.
Seleksi tenaga kerja sangat ketat dan terbuka dianut oleh perusahaan ini, terdapat beberapa serangkaian tes dari tes matematika, psikologi, kesehatan dan lain sebagainya untuk mendapatkan sumber daya yang terbaik. Keberhasilan sistem ini juga dinilai dari bagaimana pembimbing menilai calon tersebut baik atau tidak untuk pekerjaannya di lapangan.
Pengembangan karir PT. Surya Toto Indonesia, Tbk
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) membantu karyawan dalam membangun pribadi mereka dan meningkatkan keahlian berorganisasi, pengetahuan, dan kemampuan bekerja. Termasuk juga kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihanpengembangan keterampilan maupun kepemimpinan, karyawan disiapkan untuk menghadapi tantangan yang semakin besar. Program pendidikan dan pelatihan diadakan secara rutin untuk meningkatkan kualitas dari SDM Perusahaan, baik secara teknik lapangan dan keahlian dalam hubungan kerja, untuk mencapai tujuan Perusahaan. Jumlah karyawan tetap per 31 Desember 2013 adalah 3.105 orang bertambah 9,9% dibandingkan tahun lalu (2.826 orang). Demi mewujudkan perkembangan tata kelola perusahaan yang baik dalam perusahaan, manajemen memiliki beberapa program kerja untuk tahun 2010 sampai 2013, antara lain sebagai berikut:
1.   Melakukan evaluasi dan penilaian atas implementasi tata kelola perusahaan.
2.   Mengefektifkan kerja setiap komite yang ada di dalam Perusahaan.
3.   Rencana pengesahan piagam Dewan Komisaris, Direksi, Risk Manajement, Komite Audit dan Internal Audit pada tahun 2013.
4.   Mensosialisasikan Tata Kelola Perusan kepada semua jajaran karyawan Perusahaan dengan menggunakan sarana komunikasi internal (email/ pengumuman dinding).
Bukan hanya karyawan saja yang mendapatkan fasilitas pengembangan oleh tim HRD tetapi juga Direksi yang menjadi pimpinan pertama dari karyawan melakukan hal yang sama. Pada tahun 2013 Perusahaan sedang menggalakan program penghijauan dalam lingkungan perusahaan, untuk itu Direksi diikut sertakan dalam seminar-seminar yang membahas mengenai penghijauan, selain itu Direksi juga aktif mengikuti seminar-seminar yang membahas peraturan perundang - undangan baru untuk meningkatkan pengetahuan dan menerapkannya di dalam Perusahaan apabila berkaitan dengan usaha perusahaan. Berikut seminar – seminar yang diikuti oleh Direksi:
1.   Seminar Open Access Kementrian Perindustrian RI
2.   Members Gathering DPN APINDO
3.   Evaluasi Kebijakan Verifikasi Impor & Penerapan SNI Keramik
4.   Conference GREEN RIGHT 2013
5.   World Toilet Summit by ATI
6.   Rapat Dewan Direksi GBCI
Perhatian perusahaan akan kualitas, tidak hanya terbatas pada produknya saja, tapi meliputi pula Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalam perusahaan. Seluruh karyawan-karyawati bagian produksi kami, minimal lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) serta telah mendapat pelatihan menyeluruh dalam hal pembuatan produk. Guna mempertahankan tim kerja yang baik, perusahaan selalu memilih, melatih, memotivasi serta memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawati yang memiliki potensi yang cukup baik di perusahaan. Karena, kami menyadari Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki arti penting bagi perkembangan dan keberhasilan perusahaan. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) diarahkan untuk membantu karyawan dalam membangun pribadi mereka dan meningkatkan keahlian berorganisasi, pengetahuan, dan kemampuan bekerja. Untuk itu, perusahaan selalu memberikan kesempatan kepada para karyawannya untuk mengembangkan karir dengan mengikuti berbagai seminar, praktek kerja, serta program pelatihan khusus. Program Pendidikan dan pelatihan semacam ini sengaja dirancang untuk membantu terciptanya suatu lingkungan kerja yang didasari atas saling menghargai serta untuk memupuk semangat kerja sama dan kekompakan. Program pendidikan dan pelatihan diadakan secara rutin untuk meningkatkan kualitas dari SDM Perusahaan, baik secara tehnik lapangan dan keahlian dalam hubungan kerja, untuk mencapai tujuan Perusahaan. Termasuk juga kesempatan  untuk mengikuti berbagai pelatihan pengembangan keterampilan maupun kepemimpinan. Seluruh karyawan juga disiapkan untuk menghadapi tantangan yang semakin besar di masa yang akan datang. Jumlah karyawan tetap per 31 Desember 2013 adalah 3.105 orang atau terjadi peningkatan sebesar 9,9% dibandingkan tahun sebelumnya (2.826 orang).




Analisa kinerja PT. Surya Toto Indonesia, Tbk
Tercatat jumlah karyawan tetap per 31 Desember 2013 adalah 3.105 orang atau terjadi peningkatan sebesar 9,9% dibandingkan tahun sebelumnya (2.826 orang). Mungkin tahun 2016 sudah lebih jauh meningkat lagi dari tahun 2013 seperti contoh ini. Hal ini tentunya membutuhkan perhatian ekstra dari perusahaan dalam mengembangkan para SDMnya.
Di TOTO, kesepakatan untuk salary akan selalu diatas UMR daerah yang berlaku berserta tunjangan – tunjangan yang lengkap untuk karyawan tetap, tetapi untuk karyawan kontrak selama 2 tahun belum diberikan fasilitas sejauh itu tetapi profit lebih bagus dibandingkan perusahaan lain.  Perusahaan in memiliki penghargaan untuk karyawan yang tekun, dan dapat berkontribusi baik bagi perusahaan.
Dalam mengatasi permasalahan SDM dalam berbagai bidang, pelatihan merupakan salah satu solusi bagi perusahaan. Perusahaan secara umum telah menyiapkan modul-modul traning untuk semua pelatihan dan juga menyiapkan waktu 1 hari dalam 3 bln untuk melakukan pendidikan / penambahan wawasan. Pendidikan ini berisi pelatihan general skill, leadership, professional skills, dan sharing session.
Dengan adanya pendidikan atau traning tersebut maka perusahaan telah ikut serta dalam mengembangkan karir untuk semua karyawannya baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini akan memnambah keahlian dan dapat membuka wawasan dan kesempatan berkarier yang lebih tinggi bagi para karyawannya. Perusahaan melakukan ini guna memajukan dan mengembangkan perusahaan makin lebih lagi kedepannya.


3 komentar:

  1. bagaimana manajemen perusahaan surya toto tolong jawab?

    BalasHapus
  2. agen togel terbesar dan terbaik indonesia klik4d yang sudah lama menemani anda bermain togel secara online, kami bandar togel dan togel online

    https://www.klik4d.site/kumpulan-makna-mimpi-monyet-dalam-togel/
    https://www.klik4d.site/cara-bermain-togel-4d-3d-dan-2d-di-klik4d/
    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-14-agustus-2019/
    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-08-juli-2019/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  3. terimakasih ka sudah berbagi pengalaman

    BalasHapus