Sabtu, 22 Juli 2017

Contoh Kerangka Acuan Studi Banding Akademik



 Kerangka Acuan
Studi Banding Akademik
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda

A.    Pendahuluan
Di dalam era globalisasi sekarang ini perkembangan serta kemajuan manajemen dakwah dan  komunikasi penyiaran islam sangat pesat. Kemajuan tersebut terutama dalam bidang dakwah dan komunikasi. Kemampuan dalam bidang dakwah dan komunikasi sangat diperlukan untuk mengembangkan Dakwah melalui manajemen dan komunikasi berbasis Islam, karena dapat kita lihat bahwa dakwah dan komunikasi cukup dikenal pada kalangan masyarakat karena sistem yang dijalankannya sesuai dengan prinsip Islam dalam menggunakannya.
Namun, di kalangan mahasiswa sendiri khususnya yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda, pada praktik dalam bidang dakwah dan komunikasi masih minim karena tidak adanya alat pendukung untuk melakukan praktik kerja.
Selain itu, mahasiswa yang melaksanakan praktik kerja untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) masih belum ada di STAIN Samarinda. Padahal kemampuan ini sangat diperlukan dalam penyelesaian tugas akhir di dunia kerja nyata nantinya.
Oleh karena itu, dengan dasar ini kami Himpunan Mahasiswas Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Samarinda bermaksud mengadakan “Studi Banding Akademik” khususnya pada program studi  Manajemen Dakwah (MD) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), yang nantinya dapat berguna bagi mahasiswa terutama dalam kegiatan belajar baik dalam bidang Manajemen Dakwah (MD) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Sehingga dapat terbentuk mahasiswa yang berkualitas yang dapat menguasai dan memecahkan masalah-masalah dakwah di masyarakat.

B.     Nama Kegiatan

 Studi Banding Akademik

C.    Tema Kegiatan

“Meningkatkan Kualitas Mahasiswa di Bidang Lembaga Dakwah dan Komunikasi

D.    Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan Studi Banding Akademik adalah :
1.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang Manajemen Dakwah dan Komunikasi Penyiaran Islam
2.      Mendukung Praktek Kerja Lapangan dan Kuliah Kerja Lapangan serta penerapannya dalam bidang lembaga Dakwah dan Komunikasi.
3.      Mewujudkan Mahasiswa Manajemen Dakwah dan Komunikasi Penyiaran Islam yang berkualitas, kreatif dan inovatif sebagai bekal dalam dunia kerja dan masyarakat.
E.     Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan berupa Studi Banding Akademik khususnya program studi Manajemen Dakwah dan Komunikasi Penyiaran Islam bagi mahasiswa STAIN Samarinda dan berlangsung selama dua hari.
F.      Sasaran dan Peserta Kegiatan
Kegiatan diskusi ini akan melibatkan peserta dari mahsiswa Manajemen Dakwah dan Komunikasi Penyiaran Islam semester IV (Empat) dan VI (Enam) sebanyak 20 orang beserta II (dua) orang dosen pembimbing.
G.    Waktu dan Tempat
     Hari      :           Senin s/d Selasa
     Tanggal :           26 s/d 27 Mei 2014
     Tempat :  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Wali Songo Semarang

H.    Penanggungjawab Kegiatan
Institusi/Organisasi yang bertanggungjawab atas keseluruhan kegiatan Studi Banding Akademik adalah lembaga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda dan Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah Komunikasi.
I.       Penutup
Demikianlah kerangka acuan ini kami buat sebagai panduan bagi semua pihak yang terlibat dalam “Studi Banding Akademik” yang merupakan kegiatan penting untuk membantu dan menambah kembangkan potensi ilmu mahasiswa STAIN Samarinda tentunya dalam bidang Dakwah dan Kumunikasi. Tentang pentingnya kegiatan Studi Banding Akademik” yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Dengan harapan dapat menciptakan Mahasiswa program Prodi Manajemen Dakwah dan Penyiaran Komunikasi Islam STAIN Samarinda yang mampu bersaing, kreatif dan inovatif di dalam kemajuan perkembangan zaman modern pada saat ini. Akhir kata, kami menyampaikan bahwa dukungan dari semua pihak baik moril maupun materil akan sangat bermakna demi sukses dan terselenggaranya kegiatan ini.

















Susunan Acara

No.
Hari/tanggal
Jam
Agenda
Narasumber
1
Senin/28 Mei 2014

09.00-11.00


ISTIRAHAT

14.00-16.00


-Sistem Lembaga dalam Bidang kerjasama


-Keorganisasian MD



IAIN SEMARANG
2.
Selasa/29 Mei 2014


09.00-10.00

ISTIRAHAT


14.00-16.00


-Keorganisasian KPI



-Penyerahan Kenang kenangan



IAIN SEMARANG

Keterangan: Apabila kegiatan studi banding Akademik di kampus yang kami ingin kunjungi ada kegiatan lain, kami akan megikuti kegiatan tersebut dan menyesuaikan kondisi dan keadaan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar