Senin, 06 November 2017

CONTOH EFEKTIFITAS WAKTU PEMBELAJARAN

EFEKTIFITAS WAKTU PEMBELAJARAN SEMESTER I

SEKOLAH                             :MAN 2 SEMARANG
JENJANG PENDIDIKAN    :SMA/MA
KELAS/ SEMESTER                        : X / 1
DI SUSUN OLEH                 : ANI KUSNIANTI (I2A011017)


Alokasi Waktu / Dekan Efektif Semester I
Bulan

Pekan

Keterangan

Jumlah
Efektifitas
Tidak Efektif

Juli
5
0
5
1.                  Libur kenaikan kelas dan PPDB
2.                  Persiapan Tahun Pelajaran 2014/2015
3.                  Permulaan Tahun Pelajaran 2014/2016
4.                  MOPDB
5.                  Libur Ramadhan sebelum tanggal 1 Syawal 1435 H
6.                  Libur umum Hari raya Idul Fitri 1-2 Syawal 1435 H
7.                  Libur sesudah Hari raya Idul fitri 1435
Agustus
4
3
1

September
4
2
2

Oktober
5
3
2
-
November
4
3
1
-
Desember
5
2
3

Jumlah
27
14
13

     
Jam Pelajaran = 4,5 x 14 = 63 jam.


Distribusi Alokasi Waktu semester I
No
Koprtensi Dasar
Alokasi Waktu
1.1



Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
5 x 45’
1.2
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenaranya.
2 x 54’
1.3
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
4 x 45’
2.1




Mendeskripsikan dan  menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkanya dalam pemecahan masalah nyat
5 x 45’
2.2
Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam memecahkan masalah nyata.
4 x 45’
2.3
Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menunjukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabanya.
4 x 45’
3.1
Mendeskripsikan konsep sestem persamaan linier dua dan tiga variabel serta pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaianya serta memeriksa kebenaran jawabanya dalam pemecahan masalah matematika.
4 x 45’
3.2
Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan.
4 x 45’




3.3.
Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menunjukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabanya.
4 x 45’
4.1.


Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannya dengan konteks nyata.
4 x 45’
4.2.
Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
4 x 45’
4.3.
Menyajikan model matematika dari suatu masalah nyata yang berkitan dengan matriks.
4 x 45’
5.1.
Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
4 x 45’
5.2.
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi.
4 x 45’
5.3.
Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
4 x 45’
6.1
Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
4 x 45’
6.2.
Menyajikan hasil, menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
4 x 45’

                                                                                                                     Jumlah 68 x 45’
                                                                                                                           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar