SILABUS
Nama Sekolah :
MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul,
dan sifat sifat senyawa.
Alokasi Waktu :
16 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pemelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
1.1
Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan
konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam
tabel periodik.
|
§ Teori atom Bohr dan mekanik kuantum.
§ Bilangan kuantum dan bentuk orbital.
|
§ Mengkaji
tentang teori kuantum, prinsip ketidakpastian dan mekanika gelombang
melalui diskusi kelompok.
§ Menentukan bilangan kuantum dan bentuk
orbital s, p , d dan f melalui diskusi kelas.
|
§ Menjelaskan teori atom mekanika kuantum.
§ Menentukan bilangan kuantum
(kemungkinan elektron berada)
§ Menggambarkan
bentuk-bentuk orbital.
§ Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya
dengan bilangan kuantum.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan presentasi
LCD, komp
|
§ Konfigurasi elektron (prinsip aufbau, aturan Hund dan
larangan Pauli) dan hubungannya dengan sistem periodik.
|
§ Menentukan konfigurasi elektron, diagram orbital serta hubungannya dengan
letak unsur dalam tabel periodik melalui diskusi kelas.
§ Berlatih menentukan penulisan konfigurasi
elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
|
§ Menggunakan prinsip aufbau, aturan Hund dan azas
larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
§ Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan
letaknya dalam sistem periodik
|
6 jam
|
|||
1.2. Menjelaskan teori jumlah pasangan
elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk
molekul.
|
§ Bentuk molekul
|
§ Menggambarkan bentuk molekul senyawa melalui diskusi kelas (gunakan visualisasi
misalnya menggunakan balon atau dari CD).
|
§ Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan
elektron.
§ Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
2
jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja, Bahan
presentasi
LCD, komp
|
1.3. Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar
molekul) dengan sifatnya.
|
§ Gaya antar molekul
|
§ Diskusi tentang gaya antar molekul.
§ Menganalisis grafik yang menunjukkan
hubungan antara titik didih dengan molekul yang terbebtuk melalui ikatan
hidrogen.
§ Mengidentifikasi sifat-sifat fisis molekul
berdasarkan gaya antar molekul melalui diskusi kelas.
|
§ Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik
beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya
london, dan ikatan hidrogen)
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
2 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi :
2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Alokasi Waktu : 18 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi
suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.
|
§ Hukum kekekalan energi
§ Sistem dan lingkungan
§ Reaksi eksoterm dan endoterm
§ Perubahan entalpi
|
·
Mengidentifikasi sistem dan lingkungan melalui diskusi kelompok.
·
Merancang dan melakukan percobaan tentang reaksi eksoterm dan endoterm
dalam kelompok di laboratorium.
·
Menyimpulkan perbedaan antara reaksi eksoterm dan endoterm dari data
percobaan.
·
Menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm.
·
Melalui diskusi kelas menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
|
§ Menjelaskan hukum/azas kekekalan energi
§ Membedakan sistem dan lingkungan
§ Membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm)
dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan
§ Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
2.2 Menentukan DH reaksi
berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan
standar, dan data energi ikatan.
|
§ Hukum Hess
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ∆H reaksi dalam
kalorimeter melalui kerja kelompok di
laboratorium.
·
Berlatih menghitung ∆H.
|
§ Menghitung harga ∆H reaksi melalui percobaan.
§ Menghitung harga ∆H reaksi dengan menggunakan:
-
data
entalpi pembentukkan standar (∆H°f)
-
diagram
siklus
-
energi
ikatan
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Responsi
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
12 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
§ Bahan/alat untuk praktek
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi
: 3. Memahami kinetika reaksi,
kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya
dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
Alokasi
Waktu : 38 jam (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian laju
reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi.
|
§ Konsentrasi larutan (Kemolaran)
§ Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
|
§ Menghitung dan membuat larutan dengan
konsentrasi tertentu dalam kerja kelompok di laboratorium.
§ Merancang dan melakukan percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kerja kelompok di
laboratorium.
§ Menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
|
§ Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
§ Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi (konsentrasi, luas permukaan , suhu, dan katalis) melalui percobaan.
§ Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
· Bentuk
instrumen
Performans(kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
3.2. Memahami teori tumbukan (tabrakan)
untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Teori tumbukan
§ Orde reaksi
§ Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
|
§ Mengidentifikasi reaksi yang menggunakan
katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator dengan menggunakan
teori tumbukan melalui diskusi.
§ Menghitung dan menentukan orde dan waktu
reaksi berdasarkan data percobaan melalui diskusi.
§ Berlatih menentukan orde reaksi, persamaan
laju reaksi.
§ Menjelaskan peranan katalis dalam reaksi
melalui diskusi.
|
§ Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang
sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
§ Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia
dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
§ Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi
pengaktifan dengan menggunakan diagram.
§ Menentukan orde dan waktu reaksi.
§ Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan
industri.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
10 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja
|
3.3. Menjelaskan kesetimbangan dan
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan
melakukan percobaan.
|
§ Kesetimbangan dinamis
§ Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran
kesetimbangan
|
§ Menjelaskan tentang kesetimbangan dinamis,
kesetimbangan homogen dan heterogen serta tetapan kesetimbangan melalui diskusi.
§ Merancang dan melakukan percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan dalam kerja
kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan faktor-faktor yang
mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan.
|
§ Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
§ Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
§ Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
§ Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan
menggunakan azas Le Chatelier
§ Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi,
tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
· Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
3.4. Menentukan hubungan kuantitatif
antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
|
§ Hubungan kuantitatif antara pereaksi dari
reaksi kesetimbangan
|
§ Menghitung harga Kc, Kp dan derajat disosiasi (penguraian)
melalui diskusi.
§ Latihan menghitung harga Kc, Kp.
§ Latihan menghitung harga Kc berdasarkan Kp
atau sebaliknya.
|
§ Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi
pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat
disosiasi dan tetapan kesetimbangan
§ Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam
kesetimbangan
§ Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas
pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
§ Menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
· Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
12 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja
|
3.5. Menjelaskan penerapan prinsip
kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
§ Proses Haber Bosch dan proses kontak
|
§ Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
|
§ Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi
bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
· Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
2 jam
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi :
4. Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Alokasi Waktu : 56 jam (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
§ Teori Asam Basa
|
§ Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
§ Berlatih menentukan pasangan asam-basa
Bronsted-Lowry
|
§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted
dan Lowry
§ Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut
Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
|
§ Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
· Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis,
Tes tertulis
|
2 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja.
|
|
§ Sifat larutan asam dan basa.
§ Derajat Keasaman (pH)
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
§ Aplikasi konsep pH dalam dalam pencemaran
|
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk
mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan sifat asam atau basa dari
suatu larutan.
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk
memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang
tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai
indikator asam dan basa melalui kerja kelompok
laboratorium.
§ Menyimpulkan trayek pH asam basa.
§ Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan
kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( α ) dan tetapan asam (Ka)
atau tetapan basa ( Kb)
§ Menghitung pH dan derajat ionisasi
larutan dari data konsentrasinya
§ Meneliti dan menghitung pH air sungai di
sekitar sekolah/rumah dalam kerja kelompok (bagi daerah-daerah yang
memiliki industri dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan
penelitian)
|
§ Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan
berbagai indikator.
§ Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak
dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai
indikator asam dan basa.
§ Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan
hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya
sama
§ Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat
pengionan ( α ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
§ Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahi
konsentrasinya.
§ Menjelaskan
penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
|
|
14 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan
hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
|
Stoikiometri larutan
§ Titrasi asam dan basa
|
§ Merancang dan melakukan percobaan titrasi
untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
§ Menyimpulkan hasilpercobaan.
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan
kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menghitung kadar zat dari data percobaan.
|
§ Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi
§ Menentukan kadar zat melalui titrasi.
§ Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi
asam dan basa
§ Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
§ Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
|
§ Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
· Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
8 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
|
§ Larutan penyangga
§ pH larutan penyangga
§ Fungsi larutan penyangga
|
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk
menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan
bukan penyangga.
§ Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui
diskusi.
§ Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup
|
§ Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga
melalui percobaan.
§ Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
§ Menghitung pH
larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau
dengan pengenceran
§ Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh
makhluk hidup
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans(kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
Tes tertulis
|
8 jam
|
|
4.4 Menentukan jenis garam yang
mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
|
§ Hidrolisis garam
§ Sifat garam yang terhidrolisis
§ pH larutan garam yang terhidrolisis
|
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam
air melalui kerja kelompok di laboratorium
§ Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam
air.
§ Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui
diskusi kelas.
|
§ Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat
terhidrolisis dalam air melalui percobaan
§ Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari
persamaan reaksi ionisasi
§ Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok Responsi
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans
(kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH
pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
|
§ Grafik titrasi asam dan basa
|
§ Menganalisis
grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam
lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan
penyangga dan hidrolisis melalui diskusi.
|
§ Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa
kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
|
2 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja
|
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan hasil kali kelarutan.
|
§ Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
§ Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau
larutan garam yang sukar larut melalui diskusi
kelas.
§ Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut
melalui diskusi kelas
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk
menentukan kelarutan garam dan
membandingkannya dengan hasil kali kelarutan
§ Menyimpulkan kelarutan suatu garam.
|
§ Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau
larutan garam yang sukar larut
§ Menghubungkan tetapan hasilkali kelarutan dengan
tingkat kelarutan atau pengendapannya
§ Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar
larut dalam air
§ Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut
berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
§ Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam
larutan
§ Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya
§ Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga
Ksp
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis
|
10 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
SILABUS
Nama Sekolah :
MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat
koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu :
12 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
bahan/alat
|
5.1. Membuat berbagai sistem koloid
dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
|
·
Pembuatan
koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
|
·
Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok
di laboratorium.
|
§ Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
|
§ Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes
tertulis
|
4 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
|
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Sistem koloid
§ Sifat koloid
· Peranan koloid dalam kehidupan
|
·
Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem
koloid.
·
Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta
mengklasifikasikan jenis dan sifat
koloid dari data percobaan.
·
Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.
·
Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar)
secara individu di rumah.
|
§ Mengklasifikasikan
suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil
pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
§ Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase
terdispersi dan fase pendispersi
§ Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall,
gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
§ Menjelaskan koloid liofob dan liofil
§ Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik,
makanan, dan farmasi
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan
tertulis, Tes tertulis
|
6
jam
|
§ Sumber
Buku kimia
Internet
§ Bahan
Lembar kerja, brosur, media elektronik
LCD, komputer
|
4.4. Mendeskripsikan struktur, tata
nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
|
§ Rumus struktur dan nama lemak
§ Penggolongan lemak dan minyak
§ Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Fungsi dan peran lemak dan minyak
|
·
Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan
lemak melalui diskusi.
|
§ Menuliskan rumus struktur dan nama lemak dan minyak
§ Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia
lemak dan minyak
§ Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam
kehidupan
|
§ Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan tertulis,
Tes tertulis
|
6 jam
|
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
LCD, komputer
|
Semarang, Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Praktikan
M. Zahri Johan, M.Pd. Nur
Fitri Annisa
NIP.
197703172005011007 NIM. 113711031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar