Selasa, 07 November 2017

CONTOH SILABUS

SILABUS
Nama Sekolah                     : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XI/1
 Standar Kompetensi          : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Alokasi Waktu                      : 16 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pemelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
1.1  Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

§ Teori atom Bohr dan mekanik kuantum.


§ Bilangan kuantum dan bentuk orbital.




§  Mengkaji  tentang teori kuantum, prinsip ketidakpastian dan mekanika gelombang melalui diskusi kelompok.
§  Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital s, p , d dan f melalui diskusi kelas.



§ Menjelaskan teori atom mekanika kuantum.
§ Menentukan bilangan  kuantum  (kemungkinan elektron berada)
§ Menggambarkan  bentuk-bentuk orbital.
§ Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
 Kuis
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis
4 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan presentasi
LCD, komp
§ Konfigurasi elektron (prinsip aufbau, aturan Hund dan larangan Pauli) dan hubungannya dengan sistem periodik.

§ Menentukan konfigurasi elektron,  diagram orbital serta hubungannya dengan letak unsur dalam tabel periodik melalui diskusi kelas.
§ Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
§ Menggunakan prinsip aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
§ Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya  dalam sistem periodik
6 jam
1.2. Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.



§  Bentuk molekul
§ Menggambarkan bentuk molekul senyawa  melalui diskusi kelas (gunakan visualisasi misalnya menggunakan balon atau dari CD).
§ Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron.
§ Menentukan bentuk molekul berdasarkan  teori hibridisasi.

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
  Tes tertulis
 2 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja, Bahan presentasi
LCD, komp
1.3. Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.

§ Gaya antar molekul
§ Diskusi tentang gaya antar molekul.
§ Menganalisis grafik yang menunjukkan hubungan antara titik didih dengan molekul yang terbebtuk melalui ikatan hidrogen.
§ Mengidentifikasi sifat-sifat fisis molekul berdasarkan gaya antar molekul melalui diskusi kelas.
§ Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya london, dan ikatan hidrogen)
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan harian
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
2 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja


SILABUS

Nama Sekolah                     : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XI/1
Standar Kompetensi           : 2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Alokasi Waktu               :  18 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.

§ Hukum kekekalan energi
§ Sistem dan lingkungan

§ Reaksi eksoterm dan endoterm











§ Perubahan entalpi

·      Mengidentifikasi sistem dan lingkungan melalui diskusi kelompok.

·      Merancang dan melakukan percobaan tentang reaksi eksoterm dan endoterm dalam kelompok di laboratorium.

·      Menyimpulkan perbedaan antara reaksi eksoterm dan endoterm dari data percobaan.

·      Menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm.

·      Melalui diskusi kelas menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
§ Menjelaskan hukum/azas kekekalan energi
§ Membedakan sistem dan lingkungan

§ Membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan









§ Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis
4 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
2.2 Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
§ Hukum Hess
·      Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ∆H reaksi dalam kalorimeter melalui kerja  kelompok di laboratorium.
·      Berlatih menghitung ∆H.


§ Menghitung harga ∆H reaksi melalui percobaan.
§ Menghitung harga ∆H reaksi dengan menggunakan:
-   data entalpi pembentukkan standar (∆H°f)
-   diagram siklus
-   energi ikatan

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Responsi
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis
12 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
§ Bahan/alat untuk praktek



SILABUS
Nama Sekolah                     : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XI/1
Standar Kompetensi         :  3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan
                                          sehari-hari dan industri.
Alokasi Waktu                 :  38 jam (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

§ Konsentrasi larutan (Kemolaran)

§ Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi



§ Menghitung dan membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dalam kerja kelompok di laboratorium.
§ Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

§ Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).

§ Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan , suhu, dan katalis) melalui percobaan.
§ Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
·    Bentuk instrumen
Performans(kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis

4 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
3.2. Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Teori tumbukan











§ Orde reaksi





§ Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
§  Mengidentifikasi reaksi yang menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator dengan menggunakan teori  tumbukan melalui diskusi.







§ Menghitung dan menentukan orde dan waktu reaksi berdasarkan data percobaan melalui diskusi.
§ Berlatih menentukan orde reaksi, persamaan laju reaksi.

§ Menjelaskan peranan katalis dalam reaksi melalui diskusi.
§ Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
§ Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
§ Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.

§ Menentukan orde dan waktu reaksi.





§ Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri. 
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
§ Bentuk instrumen
  Tes tertulis
10 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja














3.3. Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.

§ Kesetimbangan dinamis



§ Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
§ Menjelaskan tentang kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen serta tetapan kesetimbangan melalui diskusi.

§ Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan dalam kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan.
§ Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
§ Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
§ Menjelaskan tetapan kesetimbangan.

§ Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier
§ Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
·      Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis
4 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
3.4. Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
§ Hubungan kuantitatif antara pereaksi dari reaksi kesetimbangan
§  Menghitung harga Kc,  Kp dan derajat disosiasi (penguraian) melalui diskusi.
§ Latihan menghitung harga Kc, Kp.
§ Latihan menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.  
§ Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
§ Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
§ Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
§ Menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
·      Bentuk instrumen
  Tes tertulis
12 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja

3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
§ Proses Haber Bosch dan proses kontak
§ Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
§ Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
·      Bentuk instrumen
  Tes tertulis
2 jam
SILABUS
Nama Sekolah                     : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XI/2
Standar Kompetensi          :  4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Alokasi Waktu                : 56 jam (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

§ Teori Asam Basa

§ Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
§ Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry

§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
§ Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
§ Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
·      Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis,
  Tes tertulis
2 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja.

§ Sifat larutan asam dan basa.






§ Derajat Keasaman (pH)





§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa









§ Aplikasi konsep pH dalam dalam pencemaran

§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator  melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.

§  Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok laboratorium.
§ Menyimpulkan trayek pH asam basa.

§  Melalui diskusi kelas menyimpulkan  hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama,  menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( α ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa ( Kb)

§ Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan  dari data konsentrasinya

§ Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah  dalam kerja  kelompok (bagi daerah-daerah yang memiliki industri dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan penelitian)
§ Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.






§ Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.






§ Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama
§ Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( α ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

§ Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahi konsentrasinya.

§  Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.































14 jam
















§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
Stoikiometri larutan
§ Titrasi asam dan basa
§  Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
§ Menyimpulkan hasilpercobaan.
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menghitung kadar zat dari data percobaan.

§ Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi


§ Menentukan kadar zat melalui titrasi.
§ Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
§ Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
§ Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
·      Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis
8 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

§ Larutan penyangga




§ pH larutan penyangga


§ Fungsi larutan penyangga
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
§ Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan bukan penyangga.

§ Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi.

§  Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup
§ Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.


§ Menghitung pH atau pOH larutan penyangga


§ Menghitung  pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran 
§ Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans(kinerja dan sikap) , laporan tertulis,
  Tes tertulis
8 jam
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
§ Hidrolisis garam
§ Sifat garam yang terhidrolisis





§ pH larutan garam yang terhidrolisis
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium
§ Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air.

§ Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas.
§ Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
§ Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi



§ Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok  Responsi
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis
6 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
§ Grafik titrasi asam dan basa
§ Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi.
§ Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
§ Bentuk instrumen
  Tes tertulis
2 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja

4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

§ Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
§ Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui diskusi kelas.
§ Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas
§ Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan  kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasil kali kelarutan
§ Menyimpulkan kelarutan suatu garam.
§ Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
§ Menghubungkan tetapan hasilkali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya
§ Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air
§ Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
§ Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan
§ Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya
§ Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis
10 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek

SILABUS

Nama Sekolah                     : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XI/2
Standar Kompetensi          : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu                      : 12 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

·   Pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
·     Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
§ Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.

§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

4 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

§ Sistem koloid


§ Sifat koloid







·   Peranan koloid dalam kehidupan
·     Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.
·     Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan  jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
·     Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.


·     Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.
§ Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
§ Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
§ Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
§ Menjelaskan koloid liofob dan liofil
§ Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan tertulis, Tes tertulis
 6 jam
§ Sumber
Buku kimia
Internet
§ Bahan
Lembar kerja, brosur, media elektronik
LCD, komputer


4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

§ Rumus struktur dan nama lemak
§ Penggolongan lemak dan minyak
§ Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Fungsi dan peran lemak dan minyak
·     Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
§ Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
§ Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan tertulis,
Tes tertulis
6 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
LCD, komputer
                                                                                                                                                                                                                                           Semarang,  Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                               Praktikan



M. Zahri Johan, M.Pd.                                                                                                                                             Nur Fitri Annisa

NIP. 197703172005011007                                                                                                                                       NIM. 113711031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar