Selasa, 07 November 2017

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN KKN

PROPOSAL KEGIATAN KKN

A.      Nama Kegiatan
Jalan Sehat Sariglagah
B.       Tema Kegiatan
       “Men Sana In Corpore Sano(Di dalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat)

C.       Dasar Pemikiran
Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan dan Sosial (Agent of Change and Social) memiliki peran yang sangat urgen serta sebagai pemegang estafet kepemimpinan di masa mendatang menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu, sudah saatnya melakukan perubahan secara serentak dalam kehidupan sehari-hari. Diantara peruabahan tersebut adalah melalui pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat dapat menjadi investasi bagi keberlangsungan hidup manusia. Sebab, melalui pola hidup sehat, manusia dapat memastikan kesehatan tubuhnya. Meskipun, takdir sudah ditentukan oleh Tuhan, akan tetapi, manusia bisa mengupayakannya.
Dengan demikian, mahasiswa KKN IAIN Walisongo Semarang mempunyai inisiatif untuk mengajak warga Sariglagah agar menerapkan pola hidup sehat, salah satu cara adalah dengan jalan sehat.  Kesehatan merupakan modal utama manusia untuk menjalankan segala aktivitas. Sebuah untaian kata yang tidak asing di telinga masyarakat yaitu “Men Sana In Corpore Sano(Di dalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat)“, merupakan sebuah ungkapan yang tepat untuk mengingatkan warga Sariglagah akan pentingnya kesehatan.  
Sariglagah merupakan salah satu desa yang terdapat dalam kecamatan Warungasem kabupaten Batang, tepatnya paling barat di kecamatan Warungasem yang langsung berbatasan dengan kecamatan Batang. Secara geografis bagian utara berbatasan dengan desa Candiareng, bagian timur dengan desa Rawabelang kecamatan Batang, bagian selatan dengan desa Pejambon dan bagian barat dengan desa Pesaren dan desa Sidorejo. Desa Sariglagah hanya memiliki penduduk sebanyak 306 KK bahkan pada masa pemilihan yang lalu hanya ada 798 daftar pemilih tetap. Dengan hal ini, desa Sariglagah disebut desa paling sedikit penduduknya dan paling kecil wilayahnya. Desa ini hanya memiliki 6 dukuh atau rukun tetangga (RT) dan 1 rukun warga (RW).
Berkaitan dengan hal ini kami peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik posdaya berbasis masjid Ke-63 Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang berinisiatif untuk mengajukan proposal bantuan buku yang berbasis di pusat desa dengan mana kegiatan SARIGLAGAH MEMBACA UNTUK MENGGAPAI DUNIA dengan tema MEMBACA SEBAGAI KUNCI KESUKSESAN, program ini merupakan usaha kami dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas di dalam negeri dan luar negeri melalui membaca buku sebagai kunci membuka cakrawala dunia sehingga mereka mampu dan mendapatkan jalan untuk meraih apapun yang diinginkan. Dan membangun dan mengembangkan jiwa mandiri dalam menyikapi realita sosial di masyarakat serta mengembangkan masyarakat yang pintar dan giat.

D.      Landasan Kegiatan
·         Hasil Pertemuan Peserta KKN Tematik Ke-63 Posdaya Berbasis Masjid pada 2 Oktober 2014
·         Program KKN Posko 11 Sariglagah KKN Tematik Ke-63 Posdaya Berbasis Masjid

E.      Tujuan Kegiatan
·         Memberikan Kontribusi besar kepada pemerintah dalam rangka ikut serta dalam meningkatkan kesehatan warga Desa Sariglagah
·         Memberikan peluang kepada warga untuk memperbaiki taraf hidup melalui pola hidup sehat
·         Menekankan kepada warga untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini mungkin sebagai modal awal untuk menjalankan segala aktivitas dengan lancar.


F.      Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini merupakan kegiatan meningkatkan kesehatan warga Sariglagah. Kegiatan tersebut diwujudkan melalui penyebaran proposal ke lembaga-lembaga yang dirasa dapat memberikan sumbangan berupa materi sebagai pendukung progam kegiatan jalan sehat. Agar supaya, warga tertarik untuk mengikuti jalan sehat Sariglagah. Adapun pelaksanaan program jalan sehat Sariglagah adalah:
Hari, tanggal   : Ahad, 19 Oktober 2014-10-09
Tempat                        : Desa Sariglagah

Bagi warga yang beruntung akan mendapatkan doorprize dari sponsor pengajuan proposal.
  
     I.      Penutup
Demikianlah  proposal ini kami ajukan dengan sebagaimana mestinya, Semoga menjadi bahan pertimbangan dan kerjasama antara TIM KKN dengan lembaga yang ditentukan.  Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.



 Batang, 9 Oktober 2014
                                                LEMBAR PENGESAHAN
Mengetahui,
Koordinasi Desa Sariglagah
KKN IAIN Walisongo                                                                                        
Koordinator                                                       Sekretaris




Harisun                                                             Dian Adi Perdana
NIM :103211013                                               NIM : 111311014­


Mengesahkan,                                                    Mengetahui,
Kepala Desa                                                       Dosen Pembimbing Lapangan
Desa Sariglagah Warungasem                            KKN Posko 11 Sariglagah
Kabupaten Batang                                             IAIN Walisongo Semarang




Ahmad Rokhim                                                Ahmad Yusuf Isnan Setiawan, M.Ag.
                                                                           NIP :19740909 200701 1 038





Tidak ada komentar:

Posting Komentar