Senin, 06 November 2017

CONTOH PROGRAM TAHUNAN

PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan    : MAN 2 SEMARANG
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester        : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran       : 2014 / 2015

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENDI DASAR
MATERI
ALOKASI WAKTU
1.      Memahami ayat Al-Qur’an dan Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
1.1 Mengartikan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         Arti QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
2 x 45

1.2 Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         QS. Az-Zuhruf : 9-13
·         Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada Manusia
·         QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         Cara mensyukuri nikmat Allah
2 x 45

1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         QS. Az-Zuhruf : 9-13
·         Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada Manusia
·         QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         Cara mensyukuri nikmat Allah
2 x 45

1.4 Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf : 9-13
·         Macam-macam nikmat Allah :
·         Nikmat fitrah
·         Nikmat diniyah
·         Nikmat rohaniah
·         Nikmat Alamiah
·         Nikmat hayat
·         Nikmat ikhtiyariyah
·         Nikmat hurriyah
2 x 45

1.5 Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·         Cara-cara mensyukuri nikmat Allah:
·         Billisan
·         Bil hal
·         Bil maal
·         Bil af ‘aal
2 x 45

Ulangan Harian ke 1


2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2.1 Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
·         QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
2 x 45

2.2 Menjelaskan kandungan QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
·         QS. Ar-Rum: 41-42
·         QS. Al-A’rof: 56-58
·         Inti materi :
·         Akibat yang baik dan yang buruk dari perbuatan manusia
·         Larangan membuat kerusakan QS. Shad: 27
·         Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
·         Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS. Al-Baqoroh: 204-206
·         Perbuatan
2 x 45

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
·         QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
2 x 45

2.4 Menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
·         QS. Ar-Rum: 41-42, QS. Al-A’rof: 56-58, QS. Shad: 27, QS. Al-Furqon: 45-50 dan Al-Baqoroh: 204-206
2 x 45

Ulangan Harian ke 2



Jumlah



Semarang,    September 2014
Guru Mata Pelajaran                                                                           Guru Praktikan


Drs. H. M. Durri An Na’im                                                                Evi Riani

NIP : 196510031999031001                                                              NIM : 113111107

Tidak ada komentar:

Posting Komentar