SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolahan : MAN 2 Semarang
Kelas /
semester : XI / Ganjil
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Alokasi waktu : 51 jam pelajaran
Standar
kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an dan Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
Kompetensi
Dasar
|
Materui
Pelajaran
|
Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
|
Kewira
usahaan/ Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1Mengartikan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan
hadits tentang syukur nikmat
|
· Arti QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang
syukur nikmat
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri
demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, tanggung jawab.
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat,
enerjik
· Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Membaca ayat tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
· Tanya jawab makna mufrodat secara acak
· Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan
masing-masing ayat terkait dengan nikmat Allah dan cara menyukurinya
|
· Membaca QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17, hadits tentang syukur nikmat
· Menulis dan menyalin QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17, hadits tentang syukur nikmat
· Mengartikan QS. Az-Zuhruf : 9-13,
QS. Al-Ankabut : 17, hadits
tentang syukur nikmat
|
· Jenis Tagihan
-
Tes
lisan
-
Tes
tulis
-
Tugas
· Bentuk Instrumen
-
Tes
subyektif
-
Tes
individu
|
2 x 45 menit
|
·
Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·
LKS
·
Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha
Putra.
·
Internet
|
1.2Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut
: 17 dan hadits tentang syukur nikmat
|
·
QS.
Az-Zuhruf : 9-13
·
Membahas
nikmat karunia Allah yang diberikan kepada Manusia
·
QS.
Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
·
Cara
mensyukuri nikmat Allah
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri
demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat,
enerjik
· Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Menggali informasi mengenai nikmat Allah dancara mensyukurinya
dari berbagai sumber belajar
· Membahas satu persatu kandungan QS. Al-An’am: 162-163, QS.
Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
· Dengan tanya jawab dan diskusi
|
· Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia Allah
sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf :9-13
· Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik
kendaraan sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf : 13
· Menjelaskan kandungan ayat tentang mensyukuri nikmat Allah
sebagimana terkandung dalam QS. Al-Ankabut:17
· Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah
sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat
|
· Jenis Tagihan
-
Tes
lisan
-
Tes
tulis
-
Tugas
· Bentuk Instrumen
-
Tes
subyektif
-
Tes
individu
|
2 x 45 menit
|
·
Departemen
Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·
LKS
·
Al-Qur’an
Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra.
·
Internet
|
1.3Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-Zuhruf :
9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang syukur nikmat
|
·
QS.
Az-Zuhruf : 9-13
·
Membahas
nikmat karunia Allah yang diberikan kepada ManusiaQS. Al-Ankabut : 17 dan
hadits tentang syukur nikmat
·
Cara
mensyukuri nikmat Allah
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri
demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat,
enerjik
· Pengambil resiko, suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Secara berkelompok berdiskusi mengenai ciri-ciri sosok orang yang
mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-zuhruf : 9-13,
QS. Al-Ankabut: 17 dan hadits tentenag syukur nikmat
· Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai
penerapan dari kandungan masing-masing ayat
|
· Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah
menciptakan alam
· Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah
· Menunjukkan perilaku orang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
dan mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi
· Menunjukkan perilaku orang yang berdo’a ketika naik kendaraan
· Menunjukkan perilaku orang pandai berterima kasih kepada Allah
dan sesame
|
· Jenis Tagihan
-
Tes
lisan
-
Tes
tulis
-
Tugas
· Bentuk Instrumen
-
Tes
subyektif
-
Tes
individu
|
2 x 45 menit
|
·
Departemen
Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·
LKS
·
Al-Qur’an
Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha Putra.
·
Internet
|
1.4Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana
terkandung dalam QS. Az-Zuhruf : 9-13
|
· Macam-macam nikmat Allah :
· Nikmat fitrah
· Nikmat diniyah
· Nikmat rohaniah
· Nikmat Alamiah
· Nikmat hayat
· Nikmat ikhtiyariyah
· Nikmat hurriyah
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri
demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat,
enerjik
· Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
· Secara berkelompok mendiskusikan masing-masing ayat dari Q.S
Az-Zuhruf: 9-13 yang berkaitan dengan macam-macam nikmat Allah
· Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
|
· Menjelaskan maksud nikmat fitrah
· Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam Q.S
Az-Zuhruf:9
· Menjelaskan maksud nikmat rohaniah senagaimana terkandung dalam
Q.S Az-Zuhruf: 12
· Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung dalam Q.S
Az-Zuhruf : 10-11
· Menjelaskan maksud nikmat hayat
· Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiyariyah
· Menjelaskan maksud nikmat hurriyah
|
· Jenis Tagihan
-
Tes
lisan
-
Tes
tulis
-
Tugas
· Bentuk Instrumen
-
Tes
subyektif
-
Tes
individu
|
2 x 45 menit
|
· Departemen Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
· LKS
· Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta, PT.Karya Toha
Putra.
· Internet
|
1.5Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti
terkandung QS. Az-Zuhruf : 9-13, QS. Al-Ankabut : 17 dan hadits tentang
syukur nikmat
|
·
Cara-cara
mensyukuri nikmat Allah:
·
Billisan
·
Bil
hal
·
Bil
maal
· Bil af ‘aal
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri
demokratis, rasa ingin tahu, semangat, kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, persahabatan cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis)
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekat,
enerjik
· Pengambil resiko 9suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
· Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
· Secara berkelompok mendiskusikan kandungan dari Al-Ankabut:17,
dan hadits tentang syukur nikmat
· Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
|
· Mengfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran islam
· Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya
· Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa syukur
· Menunjukka perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur
· Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang
lebih rendah dari kita
· Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan
· Bershodaqoh kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
· Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami
kesulitan sebagai wujud syukur bil af’al
· Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukur
kepada Allah
· Menghafal do’a naik kendaraan dan melaksanakannya
· Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya
|
· Jenis Tagihan
-
Tes
lisan
-
Tes
tulis
-
Tugas
· Bentuk Instrumen
-
Tes
subyektif
-
Tes
individu
|
2 x 45 menit
|
·
Departemen
Agama RI Al-Qur’an dan terjemahan
·
LKS
·
Al-Qur’an Hadits kurikulum 2008, Jakarta,
PT.Karya Toha Putra.
·
Internet
|
Senin, Agustus 2014
Guru Mata Pelajaran Guru
Praktikan
Drs. H. M. Durri An Na’im, M. Pd.I Evi
Riani
NIP
: 196510031999031001 NIM
: 113111107
Tidak ada komentar:
Posting Komentar